7 Kota Terpesat

Ini Dia, 7 Kota dengan Pertumbuhan Properti Paling Pesat

Artikel Arsitektur – Kendati pertumbuhan properti secara nasional menunjukkan perlambatan, namun Indonesia Property Watch (IPW) melihat pasar properti mulai menggeliat di beberapa wilayah di luar Jabodetabek, termasuk luar Jawa.

Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif IPW mengatakan:

“Perlambatan signifikan terjadi di Jabodetabek menyusul kenaikan harga properti yang tidak terlalu tinggi lagi secara rata-rata hanya berkisar antara 15% – 20% sedangkan penjualan merosot rata-rata 49%.”

Pengembang Jabodetabek mulai bertransformasi dari membangun hunian tapak ke apartemen kelas menengah dan mereka bersiap melakukan ekspansi ke luar Jabodetabek.

Pasar properti di luar Jabodetabek diperkirakan mulai bergerak tahun ini setelah pasaran  properti Jabodetabek ditenggarai over value di beberapa titik.

Potensi perkembangan diperkirakan akan mengarah ke wilayah Sumatera meliputi Medan, Riau dan Lampung; sebagian Kalimantan, Jawa Tengah, dan Manado.

“Sedangkan perkembangan pesat diperkirakan akan terjadi di:

  • Cikarang,
  • Karawang,
  • Malang,
  • Surabaya,
  • Makasar,
  • Lampung, dan
  • Balikpapan.

“Perkiraan ini didasarkan atas peningkatan harga tanah hasil survei Indonesia Property Watch, disertai aktivitas pembangunan yang akan dan sedang dimulai di beberapa wilayah tersebut.”

Peningkatan kegiatan properti di luar Jabodetabek dan luar Jawa umumnya disebabkan ekspansi pengembang Jabodetabek, yang menganggap harga properti di Jabodetabek sudah terlalu tinggi.

Anto Erawan

Penulis: Anto Erawan

arsdesain.com sharing Artikel Anto Erawan. Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang