Bayt Kaboki Hotel

Ini suatu yang seharusnya tidak dilakukan Pemda setempat, atau justru menjadi hal yg patut dilakukan? 

Artikel Arsitektur – Apakah Anda seorang awam, budayawan, politikus, Arsitek, religius, mungkin akan mempunyai pandangan-pandangan berbeda mengenai keberadaan Hotel Syariah di Bali.

“Beberapakali saya temui di media sosial, ternyata ada pro dan kontra mengenai keberadaan Hotel Syariah di Bali.”

“Mulai dari yang merasa senang dengan keberadaan Hotel Syariah di Bali, sampai adanya kekhawatiran imbasnya akan mempengaruhi, mengikis kearifan dan keberadaan budaya lokal Bali.”

Pulai Bali memiliki keunikan tersendiri, meski derasnya arus globalisasi yang dibawa bersamaan dengan para turis dan pedagang asing, kebudayaan khas yang telah lama mengakar tetap kokoh sebagai ciri khas saudars-saudara kita di Pulau Dewata.

Vice Chairman Bayt Kaboki Hotel, Abdhie Mulyawan mengatakan: “Masyarakat ataupun wisatawan Muslim di Bali sulit menemukan makanan halal dan tempat nyaman melaksanakan shalat. Hal inilah yang melatarbelakanginya membangun Bayt Kaboki Hotel. “Banyak wisatawan asing yang tidak minum minuman beralkohol dan datang bersama keluarganya. Mereka inillah yang perlu diakomodir.” 

Bali merupakan satu-satunya tempat yang paling internasional di Indonesia. Bali tidak terasa sama seperti kota lain di Indonesia. Dengan mudah Anda dapat berinteraksi dengan orang asing dan merasakan pelayanan masyarakat Bali setaraf internasional.

Ketua Asosiasi Hotel dan Restoran Syariah Indonesia (Ahsin), Riyanto Sofyan mengatakan: “Saya turut bergembira atas dibukanya hotel syariah pertama di Bali. “Dengan bertambahnya pebisnis hotel syariah, kami harapkan wisatawan Muslim tidak hanya datang  ke Malaysia tapi merasa nyaman datang ke Indonesia.” 

Mungkin Jakarta memiliki banyak tempat hiburan yang menawarkan acara-acara besar untuk dikunjungi. Tapi Bali memiliki berbagai festival unik yang hampir ada setiap bulan. Mulai dari festival budaya setiap perayaan upacara adat hingga festival internasional. Sungguh sayang untuk dilewatkan.

“Malaysia memiliki 366 hotel syariah. Saat ini ada sekitar 100 hotel di Indonesia yang mempunyai semangat syariah. Sayangnya dari jumlah tersebut yang sudah mendapat sertikasi dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia hanya tujuh hotel.”

Saya melihat, untuk pembangunan-pembangunan Fasos Fasum di Pulau Dewata ini dan berbagai daerah di Indonesia, perlu adanya kebijakan, edukasi  dari pemuka adat dan Pemda setempat dan juga pemerintah pusat agar tidak terjadi konflik.

Sumber foto: google.com

Facebook Comments
Haries

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah founder situs arsdesain.com. Sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman."