Beton Ringan AAC Powerblock Ketahui Lebih Detail Disini

Autoclaved Aerated Concrete (AAC) adalah beton ringan yang dibuat dari bahan baku seperti pasir silika, semen dan bahan campuran lain yang dikategorikan sebagai bahan-bahan untuk beton ringan. Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang Beton Ringan AAC Powerblock.

BACA JUGA :

Rumah Kontainer Tahan Gempa Solusi Perumahan di Indonesia

Hotel berbahan dasar tiga buah Container

Fahami Hal Mendasar Ini Jika Mau Banyak Pelanggan Setia.

Ide-ide desain rumah minimalis

Kumpulan foto-foto Arsitektur peninggalan masa kolonial di Indonesia

Tahun mulai digunakannya Beton Ringan AAC

Sejak tahun 1980an, AAC semakin banyak digunakan dalam industri konstruksi di berbagai belahan dunia dikarenakan karakteristik AAC yang ringan tapi kuat, sehingga sangat membantu dalam mengurangi biaya struktur bangunan.

AAC juga dikenal sebagai bahan yang memiliki sifat insulasi temperatur dan kedap suara yang baik, serta ramah lingkungan.

Bahan Dasar dan Proses Pembuatan Beton Ringan AAC

Berbeda dengan bahan beton lainnya, AAC dibuat menggunakan kumpulan bahan baku yang tidak melebihi ukuran sebesar butiran pasir.

Kwarsa, kapur dan/atau semen dan air digunakan sebagai bahan pengikat. Bubuk alumunium ditambahkan sebesar 0.05% – 0.08% per volume (tergantung kepadatan yang diinginkan).

Ketika adonan beton aerasi yang masih mentah ini dicampur dan dicetak, reaksi kimiawi yang terjadi pada tahap tersebut menghasilkan bahan yang ringan dan bersifat insulator suhu.

Bubuk aluminum bereaksi dengan kalsium hidroksida yang ada dalam pasir kwarsa dan air sehingga membentuk hidrogen.

Gas hidrogen ini membentuk gelembung-gelembung. Gelembung udara ini menjadikan volumenya dua kali lebih besar dari volume semula.

Di akhir proses pengembangan atau pembusaan, hidrogen akan terlepas ke atmosfir dan digantikan dengan udara.

Hampir 80% volume AAC terdiri dari udara sehingga menjadikannya struktur yang berpori menyerupai sel-sel, dan membuat beton ini menjadi ringan.

Ketika AAC diangkat dari cetakan, AAC telah berbentuk padat namun masih lunak.

Setelah dipotong dalam bentuk blok atau panel, AAC diletakkan dalam ruang autoclave selama 12 jam.

Selama proses pengerasan dengan uap ini, suhu mencapai 190° Celsius dengan tekanan sebesar 8 hingga 12 bar, kwarsa bereaksi dengan kalsium hidroksida sehingga menjadikan AAC sangat kuat.

Setelah proses autoclave, AAC segera dapat digunakan sebagai bahan konstruksi.

Dalam proses pembuatan AAC Powerblock®, pengendalian mutunya dilakukan di laboratorium dengan menggunakan standar DIN (Deutsche Industrie Norm).

Hasil uji laboratorium meliputi kuat tekan, tingkat ketahanan api, absorbsi suara, penyerapan air, kadar air dan penyusutan.

Apakah Beton Ringan AAC Powerblock®?

AAC Powerblock® memiliki keunggulan :

  • Lebih kuat,
  • Ringan,
  • Praktis dan
  • Ekonomis dibandingkan pemakaian bata biasa

Sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan dinding bangunan.

Proses mixing yang terkomputerisasi dengan kualitas yang homogen, disertai proses aerasi yang stabil, menghasilkan beton ringan – dikenal di pasaran sebagai bata ringan – dengan kualitas kuat tekan yang tinggi, namun memiliki berat jenis yang paling ringan di kelasnya.

Karena mudah untuk dipasang serta karakteristiknya yang ringan, penggunaannya mampu menekan biaya pengeluaran untuk bahan baja, semen, pasir maupun mortar.

AAC Powerblock® juga sangat mudah untuk dipotong menggunakan gergaji biasa ataupun untuk dibor.

Sifatnya sebagai insulator suhu menjadikan AAC Powerblock® sebagai pilihan tepat terutama untuk bangunan dengan tuntutan spesifik terhadap insulasi temperatur maupun suara seperti laboratorium, rumah walet, rumah genset, sarana olahraga, dll.

Ragam Aplikasi Beton Ringan AAC Powerblock®

AAC Powerblock® memiliki keunggulan lebih kuat, ringan, praktis dan ekonomis dibandingkan pemakaian bata biasa sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan dinding bangunan, antara lain sebagai dinding bagian dalam dan luar, dinding partisi, dan penyekat insulasi panas.

Proses aerasi yang homogen dan terkendali secara komputerisasi menghasilkan beton ringan dengan kuat tekan yang paling tinggi namun paling ringan di kelasnya sehingga dapat dijadikan sebagai struktur dinding pemikul pada low- & high-rise buildings.

Karena mudah untuk dipasang, penggunaannya mampu menekan biaya pengeluaran untuk bahan baja, semen, mortar dan biaya plesteran.

AAC Powerblock yang lunak memudahkannya untuk dipotong menggunakan gergaji biasa ataupun untuk dibor.

Finishing bagi dinding AAC Powerblock juga mudah dilakukan. Dinding luar mudah untuk dicat, diplester ataupun diberi lapisan.

Sedangkan, untuk sisi interior bangunan memungkinkan untuk diplester, diberi keramik, dicat ataupun dibiarkan exposed.

Sifatnya sebagai insulator suhu menjadikan AAC Powerblock sebagai pilihan tepat terutama untuk bangunan dengan tuntutan spesifik terhadap insulasi temperatur maupun suara seperti laboratorium, rumah walet, rumah genset, sarana olahraga, dll.

BETON RINGAN AAC UNTUK RUMAH TINGGAL

ACC Powerblock®  adalah pilihan tepat untuk bangunan rumah tinggal karena memiliki sifat insulator dan fleksibel untuk digunakan sebagai :

  • Dinding,
  • Lantai dan
  • Atap.

Sifatnya yang lunak menjadikannya mudah untuk :

  • Dipotong,
  • Diiris,
  • Dibentuk,
  • Dipaku dan
  • Disekrup,
  • Serta diukir untuk mengakomodasi jalur kabel listrik dan pipa ledeng.

Tiap unit AAC dapat dibentuk secara presisi untuk mengakomodasi berbagai jenis bentuk konstruksi bangunan rumah tinggal.

BETON RINGAN AAC UNTUK LOW-RISE & HIGH-RISE BUILDING

AAC Powerblock® memiliki sejumlah kelebihan yang dapat dimanfaatkan dalam pembangunan low- & high-rise buildings, yaitu :

  • Mengurangi beban berat,
  • Hemat dalam penggunaan baja atau beton,
  • Menambah luas lantai karena tiang penopang berukuran lebih kecil,
  • Kedap suara sehingga mengurangi efek gema dalam ruangan kosong,
  • Mudah untuk diangkut ke lantai yang lebih tinggi,
  • Hemat waktu konstruksi dan
  • Meminimalisir dampak kerusakan akibat gempa.

Sebagai bahan bangunan gedung bertingkat sedang maupun tinggi ini, AAC Powerblock®  dapat digunakan sebagai struktur dinding pemikul. Selain mampu bertahan lama dan kokoh, AAC Powerblock® jika digunakan sebagai tembok partisi akan memberikan privasi dan melindungi dari kebisingan di luar maupun antar ruangan.

Keunggulan dari Beton Ringan AAC Powerblock®

 

  1. STANDAR INTERNASIONAL

AAC adalah produk yang dikenal luas secara internasional dan memiliki standar bahan baku

industri. AAC Powerblock® juga memiliki standar baku yang sama.

  1. RAMAH LINGKUNGAN

AAC Powerblock® terbuat dari bahan non-toxic serta tahan terhadap segala cuaca. AAC Powerblock dapat didaur-ulang.

  1. RINGAN

Berat AAC Powerblock® hanya 1/5 dari beton biasa, atau 1/2 dari bata merah, sehingga lebih mudah dikerjakan dengan peralatan yang sederhana. Sifatnya yang ringan menjadikannya mudah untuk ditangani sehingga mengurangi biaya angkut, kerja lebih cepat, dan mencegah kecelakan kerja krena mampu mengurangi keletihan pekerja, serta dapat mengapung bila diletakkan di air. Selain it, AAC Powerblock adalah produk siap pakai.

  1. PRESISI / AKURAT

AAC Powerblock® memiliki standarisasi tersendiri yang menjamin hasil produksi senantiasa presisi.

  1. INSULASI SUARA

Massa yang rendah mengakibatkan energi bunyi yang memantul dan merayap di permukaan beton ringan tidak diteruskan dengan baik. Sehingga dinding dapat meredam kebisingan dan kenyamanan penghuni terjaga. AAC Powerblock® sangat tepat untuk diaplikasikan pada ruangan dengan tuntutan temperatur/suara tertentu.

  1. CEPAT & MUDAH DIPASANG

Karena AAC Powerblock® ringan dan akurat, maka proses pemasangan menjadi mudah meski hanya dengan peralatan sederhana.

  1. TIDAK MELENGKUNG

AAC Powerblock® memiliki permukaan yang rata dan pori-pori yang lebih rapat.

  1. EKONOMIS

Berbagai keunggulan AAC Powerblock® dapat mengurangi beban biaya tenaga kerja dan

meringankan perhitungan biaya struktur bangunan.

  1. TIDAK BERACUN

AAC Powerblock® terbuat dari bahan non-toxic dan bebas dari sarang hama.

  1. TAHAN API

AAC Powerblock® terbuat dari bahan non-organik yang relatif tahan terhadap api. Cocok untuk aplikasi ruang, seperti tangga darurat, cerobong ventilasi dan koridor lift. Karena tahan api, dengan menggunakan AAC Powerblock, biaya untuk bahan-bahan pencegah kebakaran dapat ditekan. Sifat insulasi panas pun mengurangi tingkat kenaikan suhu yang menyebabkan ruangan menjadi lebih sejuk.

Ragam Produk dari Beton Ringan AAC Powerblock®

Terdiri atas Blok, Blok Jumbo, Panel Lantai, Panel Dinding, Anak Tangga, Lintel, serta Modular Panel.

Lintel adalah balok horizontal yang terletak di atas area bukaan dinding seperti pintu, jendela, atau di antara dua kolom. Lintel merupakan beton ringan yang solid, mudah dipasang serta mempunyai kemampuan memikul beban.

Modular Panel yang berukuran seluas modul struktur bidang dinding sangat sesuai untuk fasad dinding bangunan tingkat tinggi, perumahan, komersial maupun untuk sound barrier wall dan dinding pagar.

Panel Lantai yang bertulang merupakan produk pengganti plat lantai beton tanpa proses pengecoran yang memungkinkan keramik pun juga dapat langsung dipasang diatasnya.

Panel Dinding dapat dipakai sebagai dinding internal maupun eksternal.

Anak Tangga  yang solid dan bertulang berfungsi sebagai pijakan penghubung antar lantai bawah dan lantai atas. Bentuk yang solid dan akurat memudahkan penyusunan secara rapi sesuai keinginan dan keterbatasan ruang,  tidak perlu balok tangga dan pondasi.

Blok dan blok Jumbo adalah beton ringan dan kuat pengganti batu bata. Memberikan keakuratan, kekuatan, ekonomis, kemudahan dan kecepatan pemasangan, serta kerapian dalam membangun rumah tinggal, gedung komersial, dan bangunan industri.

Demikian sharing arsdesain.com mengenai produk review beton ringan, semoga bermanfaat.

Sumber : PT. Powerblock Indonesia

Haries

Penulis: Haries

Penulis di arsdesain.com, referensi bersama seputar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.