Biaya Retribusi Proyek

Berapa biaya Retribusi Proyek untuk warga maupun RT/RW di Proyek Anda?

Artikel Arsitektur – Biaya Retribusi bervariasi tergantung lokasi proyek yang bersangkutan.

Sharing saya ini bukan membahas Biaya Retribusi resmi dalam proses perijinan pembangunan proyek Konstruksi Rumah Tinggal, melainkan biaya Retribusi lingkungan / warga.

Sekedar informasi untuk di daerah Kebon Kacang, Tenabang, Jakarta, beberapa hari yang lalu saya melakukan cek site. Lokasi proyek didalam jalan yang sempit (+/- 2.5meter).

Informasi yang saya peroleh dari ‘ngobrol’ dengan beberapa warga setempat yang kebetulan berada di lokasi:

“Untuk pengecoran biasanya menggunakan pompa Kodok, mobil Molen tidak bisa masuk, dan itu ‘gampag’ lah bisa kita atur nanti kordinasi untuk penertiban jalannya.

Kemudian, saya juga mendapat informasi dari Pekerja proyek (Kebetulan tidak jauh dari lokasi ada yang sedang membangun):

“Setiap akan cor, kita ‘sowan’ ke tetangga-tetangga satu persatu, kemudian ada biaya penertiban lingkungan setiap pengecoran dua juta, dan untuk pak RT Lima ratus ribu per bulan.”

Lain lagi di proyek-proyek sebelumnya ada biaya untuk salah satu Ormas. Dan terkadang ada juga wartawan yang datang.

Bagi saya dan tim proyek, biaya tersebut ‘dirasa’ wajar karena proses pengerjaan proyek di lingkungan memang secara langsung berengaruh pada aktifitas keseharian warga.

“Hubungan baik perlu dijaga.”

Mungkin ada diantara teman-teman yang ingin berbagi pengalaman, info seputar hal ini.

 

Facebook Comments

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah pemerhati perkembangan arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman." arsdesain.com. adalah sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain.