Emang Penting Gitu Jasa Arsitek?????

Emang Penting Gitu Jasa Arsitek?????

 

Emang Penting Gitu Jasa Arsitek?????

Jasa Arsitek. Buat apa ‘pake’ jasa Arsitek???! kan banyak tuh majalah..internet dkk nya..tinggal cari aja model bangunan yang kamu suka, terus cari deh mandor yang biasa bikin rumah!

Yup! Sepenggal kalimat yang pernah saya dengar tentang betapa mirisnya profesi Arsitek di mata ‘konsumen’. Apakah memang seperti itukah..Jasa Arsitek sudah ‘ga’ penting? 🙂

Kita tahu, bahwa profesi arsitek di Indonesia belum benar-benar seperti dokter yang memiliki aturan hukum yang jelas.

 

Siapa pun di Indonesia bisa mengaku-ngaku seorang arsitek. Orang awam, tukang, mandor, insinyur sipil, bisa mengatakan bahwa dirinya seorang arsitek. Asalkan dia bisa menggambar sedikit, punya kenalan tukang atau mandor, jadilah dia seorang arsitek atau bahkan menyebut dirinya seorang kontraktor. Lalu dari sana, dia mencari klien, dst…

Memang sih , ada IAI (Ikatan Arsitek Indonesia,red.) seperti IDI yang mengatur segala hal mengenai fee, aturan main dan sebagainya. Namun, pada umumnya, di Indonesia tidak dibutuhkan sertifikat/bukti kelayakan arsitek untuk membangun rumah.

Setiap orang bisa membangun rumahnya sendiri tanpa membutuhkan jasa seorang arsitek. Walaupun pada akhirnya, tampilan atau desain yang dihasilkan jauh dari indah dan pastinya rumah asal jadi.

Pada umumnya, orang Indonesia kurang menghargai profesi seorang arsitek.

padahal sejatinya mereka ingin sekali berkonsultasi dan memakai jasa arsitek. Namun, mereka ragu lantaran mereka berpikir soal biaya.

“Masyarakat memang selalu memandang jasa arsitek itu mahal. Padahal tidak seperti itu”.

Masyarakat selalu menilai arsitek adalah tukang gambar pada selembar kertas saja. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Seorang arsitek juga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam merancang dan mengawasi pembangunan rumah serta membuat hunian yang layak dari segi kesehatan, kenyamanan, dan keamanan.

Tujuan dasarnya adalah membuat sejahtera penghuni rumah yang memakai jasanya. Oleh karena itu, cakupan layanan dari jasa arsitek terbilang cukup beragam. Mulai dari membuat rancangan denah rumah sampai dengan menjadi pengawas pembangunan bangunan. Komunikasi menjadi kunci penting.

Bagi yang punya anggaran terbatas, tak perlu khawatir menggunakan jasa Arsitek.

Pengguna jasa arsitek bisa mengonsultasikan soal anggaran pembangunan rumahnya. Namun, agar semuanya berjalan lancar, “Klien harus terbuka soal anggaran yang dimilikinya”. Sebab, dengan anggaran terbatas, arsitek akan mencari solusi atau pemecahannya. Solusi itu bisa dengan mencari bahan-bahan alternatif tanpa mengganggu aspek kenyamanan, kebersihan, dan estetika bangunan rumah. “Termasuk memberi saran rumah dengan biaya yang minim.”

Maka, komunikasi yang intens menjadi kunci penting bila Anda ingin menggunakan jasa arsitek. “Sebab tugas lain seorang arsitek yang juga tak kalah penting adalah mewujudkan keinginan dan mimpi calon pemilik rumah”.
Dengan berdialog, arsitek bisa menerjemahkan keinginan pengguna jasa mereka. Makanya, Anda harus jeli memilih arsitek.

“Sekarang ini ada kecenderungan arsitek aktif dan jam terbangnya tinggi tak maksimal dalam menerjemahkan kemauan klien”. Sebab, demi target, mereka umumnya sambil lalu saja menerjemahkan keinginan klien. (Tentunya tidak semua seperti itu)

“Pilih lah arsitek yang benar-benar menyediakan waktu untuk berkonsultasi”.

Secara umum, di tahap awal, arsitek membutuhkan masukan tentang penghuni rumah seperti jumlah anak, profesi pemilik rumah, hingga hobi para penghuni rumah.
Dari informasi ini, arsitek akan membuat desain rumah. “Untuk tahap ini, kami tak jarang perlu konsultasi berminggu-minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal”.Dari pengalamannya saya, ada dua tipe ekstrem pengguna jasa arsitek yakni menyerahkan sepenuhnya kepada arsitek dan pemilik yang mau mencampuri detail proses desain.

Semoga membantu !

Facebook Comments
Haries

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah pemerhati perkembangan arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman." arsdesain.com. adalah sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain.

2 thoughts on “Emang Penting Gitu Jasa Arsitek?????”

  1. selamat sore pak, bolehkah saya salin tulisan Bapak di blog saya?tentunya dengan menyertakan nama Bapak dan link tulisan.
    terima kasih

  2. Silahkan pak Azhari, arsdesain.com adalah wadah berbagi artikel. Pak Azhari juga bisa menjadi Author di blog ini. Saya lihat pak Azhari sudah berpengalaman dalam karya Arsitektur. Semoga makin sukses. Ditunggu sharing nya. Terimakasih

Comments are closed.