Frank Owen Gehry

Architecture is “pure shit” ! 

Frank Owen Gehry

Frank Owen Gehry, (nama lahir Ephraim Owen Goldberg di Toronto, Ontario pada 28 Februari 1929) adalah seorang arsitek berkewarganegaraan ganda Amerika Serikat dan Kanada. Pemenang Penghargaan Pritzker tahun 1989.

Bagi saya dan tentunya bagi penikmat seni ataupun rekan-rekan arsitek, menyimak, mengikuti pemikiran Arsitek Dunia dan juga  apa-apa yang diucapkan mereka, adalah sesuatu yang disikapi denganpenuh dengan antusias.

Di Indonesia, banyak juga Arsitek yang menjadi panutan aktif di social media. Kalau di Facebook saya sering mengikuti update nya pak Raul Renanda dan di Instagram saya ‘like’  update  nya Julio Architect. 

kesempatan ini arsdesain.com sharing sebuah pernyataan dari seorang Arsitek kelas Dunia.

(Wow…kelas dunia, kalau saya bisa sampai kelas Jakarta aja sudah keren 😀 )

Berikut pernyataan Frank Owen Gehry:

Most of today’s architecture is “pure shit” !

“Let me tell you one thing. In this world we are living in, 98 percent of everything that is built and designed today is pure shit. There’s no sense of design, no respect for humanity or for anything else. They are damn buildings and that’s it.

“Once in a while, however, there’s a small group of people who does something special. Very few. But good god, leave us alone! We are dedicated to our work. I don’t ask for work. I don’t have a publicist. I’m not waiting for anyone to call me. I work with clients who respect the art of architecture. Therefore, please don’t ask questions as stupid as that one.”

 Followed by his middle finger, Frank Owen Gehry responded to a reporter who was asking the starchitect how he answers those who accuse you of practicing “showy architecture” !

>>> read the comments in this article on linkedin.com

Frank Owen Gehry dikenal akan pendekatan ukiran ke desain bangunan dan untuk membangun struktur yang berkurva, dan seringkali dibungkus dengan logam yang mengkilat. Gedung yang dirancangnya, termasuk tempat tinggal pribadinya di Santa Monica, California, telah menjadi atraksi wisatawan. Banyak museum, perusahaan, dan kota mencari jasa Gehry sebagai simbol pembedaan, untuk segala produk yang dibuatnya.

Pada tahun 1947, Frank Owen Gehry pindah ke California, bekerja sebagai supir truk barang sambil kuliah di Los Angeles City College, dan akhirnya lulus dari Sekolah Arsitektur Universitas Southern California.

Setelah lulus pada tahun 1954, Frank tidak langsung bekerja di bidang arsitektur, melainkan bekerja di sejumlah tempat yang tidak ada kaitannya dengan arsitektur, termasuk menjadi anggota militer Amerika Serikat.

Frank Owen Gehry sempat belajar tata kota di Harvard Graduate School of Design, namun berhenti sebelum lulus. Setelah itu, Frank menikah dengan Anita Snyder, dan mengganti namanya dari Frank Goldberg menjadi Frank Gehry.

Setelah bercerai dengan Snyder pada tahun 1960-an, Gehry menikah dengan Berta, istrinya yang sekarang. Dari perkawinan pertamanya, Gehry mendapat dua orang anak perempuan, sedangkan dua orang anak laki-laki didapatnya dari perkawinan kedua.

Sebagai orang yang dibesarkan di Kanada, Frank Owen Gehry adalah penggemar berat olahraga hoki hingga sampai mendirikan liga hoki di kantornya. Piala Kejuaraan Dunia Hoki merupakan hasil desainnya pada tahun 2004.

Frank Owen Gehry lazim dikenal dengan karya Arsitektur Dekonstruksi.

Baca juga >>> krzywy-domek

Weisman Art Museum ciptaan Frank Gehry ini adalah bangunan empat lantai dengan sekitar 11.000 meter persegi ruang galeri.

Bangunan ini material utamanya adalah:

  • stainless steel yang disikat dan
  • terakota berwarna bata.

Bangunan, di kampus University of Minnesota ini, terletak  di sebuah tebing yang menghadap ke Sungai Mississippi. Sangat Eye Catching tentunya! 😀

Arsitektur dekonstruksi merupakan suatu pendekatan desain bangunan yang merupakan usaha-usaha percobaan untuk melihat arsitektur dari sisi yang lain. Derrida mengembangkan konsep dekonstruksi kedalam berbagai eksperimen yang mengekspresikan ciri kebebasan retorikal atas struktur komposisi formal. Pandangan dekonstruksi lahir dari suatu atmosfir yang berlandaskan pada konsep “filosofi-anti kemapanan”.

Ciri-ciri Arsitektur Dekontruksi umumnya:

  • Tata letak bidang-bidang yang terkesan ‘berantakan’.
  • Garis-garis Geometris yang ‘acak’
  • Permainan Struktur Bangunan yang terkesan ‘rusak’/runtuh.

 

Bentuk“aneh” kadang ada yang seperti mau runtuh, atau baru terkena gempa bumi.

Arsitektur Dekonstruksi dituntut analisa dan teknik Struktur diperhitungkan secara matang.

Dekontruksi dikukuhkan pada International Symposium on Deconstruction, diselenggarakan oleh Academy Group di Tate Gallery, London, 8 April 1988.

Setelah itu diselenggarakan Pameran Deconstructivist Architecture di Museum Of Art, New York 23 Juni-30 Agustus 1988

 

Facebook Comments
Haries

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah founder situs arsdesain.com. Sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman."

Leave a Reply

Your email address will not be published.