Garden & House

Garden & House, bisa menjawab masalah polusi udara Kota

Udara Jakarta beberapa hari terakhir sudah ‘lumayan adem’. Kalau ingat udara Jakarta bulan-bulan kemarin, panas dan teriknya ‘nyelekit banget’.

Penggunaan AC adalah solusi banyak penghuni rumah dan gedung di Jakarta. Padahal, kalau kita bisa memanfaatkan aliran udara, dapat menciptakan suhu udara yang nyaman di dalam ruangan. Kita bisa lihat keberhasilan rumah-rumah era kolonial di daerah Menteng misalnya dan sebagian besar gedung Masjid yang berhasil memanfaatkan aliran udara untuk kenyamanan ruang dalam.

Adanya Garden di area rumah, baik di halaman maupun bagian dalam rumah juga bisa menyegarkan.

artikel_arsitektur_Garden n House 01

Di artikel ini, saya sharing Garden & House karya  Ryue Nishizawa, seorang arsitek berkebangsan Jepang (ga dikasih tau juga udah ketauan dari namanya) 😀

“The Japanese architect Ryue Nishizawa designed this “Garden & House” in Tokyo on a very small lot of just 8 x 4 m. It doesn’t really have a facade or walls: vases, planters, concrete benches, plexiglass railings, full-height windows and curtains form the boundary between inside and outside. I’m baffled.”

artikel_arsitektur_Garden n House 03

Mungkin akan ada pendapat yang menilai desain seperti ini membuang banyak tempat. Seharusnya ruang bisa lega, bisa tambah ruangan atau lainnya.

Tapi, bila dilihat dari fungsinya, anda akan sependapat bahwa konsep Garden & House ini bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan kualitas runag dalam yang nyaman.

artikel_arsitektur_Garden n House 04

“Vases, planters, concrete benches, plexiglass railings and curtains form the boundary between inside and outside. The air-conditioning systems are placed on the roof. The downspouts are thin pillars.”

Bayangkan dengan dikelilingi tanaman hijau, suasana ruang duduk, ruang makan bahkan ruang tidurpun menjadi sejuk dan segar.

artikel_arsitektur_Garden n House 02

“Inhabitants either change shoes when moving between indoors and outdoors, or use special devices augmenting the architects’ project. The home is personalised with very few furnishings.”

Yang perlu diperhatikan jika kita menyediakan begitu banyak ruang untuk tanaman adalah kebersihan wadah tanaman dari serangga bahkan tikus yang kemungkinan mengincar untuk mencari ruang hidup di wadah tanaman tersebut.

Jika malas dan sibuk, lupa akan kebersihan, dijamintinggal di rumah seperti Garden House ini akan menjadi tidak nyaman.

Kita harus rajin dan terorganisir untuk bisa nyaman tinggal di Garden & House.

artikel_arsitektur_Garden n House 05

Ikut juga berpartisipasi di Linkedin.com untuk bahasan artikel Green & House. >>> Klik disini

Sumber: domusweb.it
Photos by Iwan Baan

 

 

Haries

Penulis: Haries

Penulis di arsdesain.com, referensi bersama seputar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."