Hari Angkutan Nasional

Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu bahwa tanggal 24 April adalah Hari Angkutan Nasional.

Artikel arsitektur – Sudah tahu arti kata angkutan? Asal kata Angkutan berasal dari kata dasar angkut dan ditambahi akhiran -an yang dapat diartikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk mengangkut.

Siapa sih yang belum pernah merasakan naik angkutan umum?

“Pastinya hampir bisa dipastikan hampir semua penduduk Indonesia pernah merasakannya. Apalagi di era booming nya transportasi online.”

Angkutan umum merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Sejak jaman dahulu angkutan umum telah digunakan untuk perpindahan barang dan jasa.

Perkembangan moda transportasi umum mengalami perkembangan mengikuti kemajuan jaman. Dari tradisional hingga modern, dari angkutan darat, laut hingga angkutan melalui udara selalu berkembang.

Dengan perkembangan Yang terjadi dewasa ini, masyarakat umum mempunyai harapan untuk dapat memanfaatkan jasa angkutan umum yang semakin berkembang secara maksimal dengan rasa aman dan nyaman tanpa timbul rasa khawatir.

“Disinilah kerja nyata pengusaha angkutan umum perseorangan dan pemerintah sangat terasa dalam meningkatkan kualitas layanan angkutan bagi publik.”

Jika kita coba bandingkan layanan angkutan umum dahulu dengan angkutan umum saat ini, dahulu kita dapati bus-bus tak terawat, tidak berpendingin udara, dan interior yang usang, tetapi sekarang bus-bus telah berbenah terawat, nyaman, berpendingin udara, dan interior yang bagus.

Begitu juga dengan Kereta api. Dahulu identik dengan citra lusuh, terlihat semrawut, sering ada pedagang asongan di gerbong, tidak berpendingin udara dan interior yang buluk. Sekarang, telah berubah 180 derajat, sekarang menjadi nyaman, teratur pelayanannya, tidak ada pedagang asongan di gerbong-gerbong, dan telah berpendingin udara serta dilengkapi interior yang bagus.

Hal senada juga kita dapati untuk transportasi laut dan udara, pelayanan dan fasilitas di bandara sangat baik. Dari ruang tunggu, pelayanan keamanan dari otoritas bandara dan pelayanan dari berbagai maskapai penerbangan.

“Disamping pelayanan yang semakin memadai dan baik yang diberikan oleh setiap alat transportasi, keselamatan penumpang haruslah dijadikan prioritas utama.”

Setidaknya masih ada berita kecelakaan lalulintas yang diakibatkan kecerobohan armada angkutan umum, ataupun kendaraan lainnya.

Hal terbaru yang sangat tragis dan memilukan adalah tabrakan beruntun saat long weekend tempo hari (22/04) di daerah puncak, Jawa Barat.

Maka dari itu, di Hari Angkutan Nasional yang jatuh tanggal setiap 24 April 2017 ini, kita bersama berharap agar semakin berkurangnya angka kecelakaan angkutan penumpang karena kesalahan baik teknis maupun human error, semakin diperketatnya regulasi bagi setiap angkutan sesuai dengan standar baku keselamatan, dan semakin baik setiap alat transportasi yang ada di negara kita serta semakin mengedepankan keselamatan setiap orang.

Selamat Hari Angkutan Nasional!

Facebook Comments
Haries

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah pemerhati perkembangan arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman." arsdesain.com. adalah sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain.