Hunian 8 sqm, Kitoko Studio

Hunian 8 sqm, Kitoko Studio

Dalam kesempatan sharing artikel kali ini, arsdesain.com menampilkan sebuah hunian dengan luas 8 meter persegi.

Apa yang bisa Anda dapat dengan luas Hunian 8 sqm untuk sebuah hunian?

Cukup menarik bila kita kaitkan desain apartment Kitoko Studio ini dengan berita naiknya NJOP dan PBB di DKI Jakarta. 😀

Baca juga >>> NJOP & PBB NAIK, JUAL RUMAH?

Kitoko Studio 01

Memang secara langsung tidak ada kaitannya, tapi apa yang kita lihat dalam desain Apartment tersebut bisa menjadi referensi bagi mereka yang ingin membangun hunian hanya dengan luas 8 sqm.

Kitoko Studio 05

Info yang arsdesain.com dapat adalah, bagi rumah dengan luasan 8 sqm, akan mendapat keringanan pajak. Namun, berapa banyak warga DKI yang mempunyai rumah dengan luas 8 sqm yang dapat memenuhi kebutuhan ruang sebagai tempat tinggal.

Kitoko Studio 04

Kitoko Studio, sebuah perusahaan Arsitektur di Prancis, merancang ruangan yang walaupun luasnya hanya 8 meter persegi, tetapi memiliki fasilitas lengkap dari ruang tidur, dapur, sampai kamar mandi.

Kitoko Studio 03

 

Sekilas, ruang apartemen tersebut nampak seperti sebuah ruangan kecil, seluas ruang tidur atau area service. Dengan satu jendela besar dan sebuah lemari dengan banyak pintu. Tetapi, lemari itu ternyata menyimpan semuanya, mulai ruang tidur, lemari baju, meja makan, bahkan kamar mandi.

Kitoko Studio 02

Meski ruangannya berukuran mini, cahaya matahari dapat menerabas langsung seisi ruangan tersebut. Kitoko Studio merancang ruangan tersebut berdasarkan desain pisau serbaguna, Swiss army, yang memiliki beragam fungsi: pisau, gunting, dan alat-alat perkakas lain.

Untuk desain seperti ini, bisa saja diaplikasikan untuk berbagai bangunan di Jakarta, seperti:

  • Rumah-rumah kontrakan
  • Rumah Kost
  • Unit-unit Apatment
  • Deain ruang Hotel
  • Atau bahkan satu unit Rumah seluas hanya 8 sqm

Untuk diaplikasikan sebagai sebuah Rumah, memang sangat ekstrim, tapi kemungkinan itu bisa saja terjadi. Yang jelas hidup di dalam lingkungan binaan seperti apartment karya Kitoko Studio, Anda harus terbiasa disiplin, terorganisir dan telaten. Karena kalau Anda mempunyai sifat malas bersih-bersih, ceroboh dan ‘berantakan, maka tinggal di dalam hunian seperti itu dalam jangka waktu yang lama, munkin akan menjadi tidak nyaman sama sekali.

 

Haries

Penulis: Haries

Penulis di arsdesain.com, referensi bersama seputar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."