Indeks Kebahagiaan Indonesia

Survei: Sebahagia Apakah Warga Indonesia?

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, Indeks Kebahagiaan Indonesia pada 2013 sebesar 65,11 pada skala 0 – 100. Indeks kebahagiaan merupakan rata-rata dari angka indeks yang dimiliki oleh setiap individu di Indonesia pada 2013 lalu. Nilai indeks 100 merefleksikan kondisi sangat bahagia. Sebaliknya, angka indeks 0 menggambarkan kehidupan individu yang sangat tidak bahagia.

 

Data tersebut diperoleh dari Studi Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) 2013 yang diukur untuk merepresentasikan tingkat kebahagiaan kepala rumah tangga atau pasangan kepala rumah tangga. Rancangan sampling ditujukan untuk estimasi tingkat nasional dengan sampel 9.720 rumah tangga yang dipilih secara acak dan tersebar di seluruh provinsi.

 

Indeks Kebahagiaan Indonesia merupakan indeks komposit yang diukur secara tertimbang dan mencakup indikator kepuasan terhadap 10 domain kehidupan yang esensial.

 

Sepuluh domain secara substansi dan bersama-sama merefleksikan tingkat kebahagiaan, meliputi kepuasan terhadap:

  1. pekerjaan,
  2. pendapatan rumah tangga,
  3. kondisi rumah dan aset,
  4. pendidikan,
  5. kesehatan,
  6. keharmonisan keluarga,
  7. hubungan sosial,
  8. ketersediaan waktu luang,
  9. kondisi lingkungan, dan
  10. kondisi keamanan.

 

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

 

Info

Penulis: Info

Menampilkan artikel yang masuk dari para pengguna arsdesain.com berupa : Info lowongan kerja, event, produk bahan bangunan dan lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.