Jakarta yang Ramah

Lima Langkah Agar Jakarta Lebih Layak Dihuni

Jakarta, sebagai salah satu kota tujuan investasi properti dunia justru dinilai kurang mengakomodasi kebutuhan warganya.
Hal ini bukan hanya menjadi perhatian warga Indonesia saja, bahkan media i ternyata tak asing pun mengikuti fenomena ini.
Media asal Amerika Business Insider bahkan mengajukan lima usulan agar Jakarta menjadi lebih ramah untuk ditinggali.
  1. Langkah pertama adalah menjadikan lalu lintas di jalanan ibu kota lebih aman dan nyaman. Sambil menunggu sistem mass rapid transit (MRT) selesai dikembangkan, benahi sistem transportasi lainnya, seperti kereta commuter line. Dengan demikian, warga mempunyai alternatif transportasi selain jalan raya yang sudah macet. Dikatakan juga, bahwa salah satu penyebab kemacetan adalah banyaknya kendaraan roda dua yang berlalu lalang di jalan-jalan protokol. Business Insider mengusulkan agar jumlah motor dikurangi.
  2. Langkah kedua, hidupkan industri kreatif di Jakarta. Jangan lagi kota-kota lain yang diunggulkan. Sebagai daerah kawasan ibu kota, sudah seharusnya justru menjadi daerah acuan industri kreatif yang akan memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan warga Jakarta sendiri.
  3. Langkah ketiga, tingkatkan investasi di sektor pendidikan. Analis pendidikan di kawasan Asia Tenggara merasa heran mengapa Jakarta tidak meningkatkan kualitas pendidikannya. Padahal kampus di Jakarta sudah tersohor di lingkup Asia Tenggara.
  4. Langkah keempat adalah memberikan perhatian khusus pada pengembangan kualitas hidup keluarga. Pembangunan gedung bertingkat di Jakarta memang akan menambah daya tarik kota metropolitan. Akan tetapi hal itu tidak bisa dinikmati oleh penduduk lokal. Sebaiknya, para pengembang dan pemerintah daerah bahu-membahu mengatasi masalah hunian ini dengan membangun proyek yang lebih terjangkau, dan pemberian insentif oleh pemerintah.
  5. Langkah terakhir dan paling penting adalah atasi masalah banjir. Jutaan Dolar melayang begitu saja saat banjir menyapa Jakarta. Pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus menemukan solusi terbaik untuk merancang sebuah sistem infrastruktur yang dapat mengatasi hal ini.

Im Suryani Penulis adalah reporter Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: imsuryani@rumah.com atau melalui Twitter: @ngingims

Facebook Comments
Info

Author: Info

Artikel dari berbagai sumber, bekerjasama dengan @AntoSeorang, @ngingims (rumah.com) dan Indo ArchitectsPlus. Mari berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan melakukan Register di arsdesain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.