Kendala Proyek

Kendala Proyek Pembangunan.

Kendala proyek pembangunan  antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Keterlambatan material
  2. Keterlambatan alat untuk mengerjakan proyek
  3. Kerusakan alat
  4. Keterbatasan tenaga ahli (Service alat proyek
  5. Kondisi alam seperti tanah ambles, banjir dll
  6. Sulitnya disposal area (Pembuangan sampah material)
  • Dan mungkin ada kendala-kendala lainnya seperti masalah keamanan, lingkungan bahkan wilayah site yang angker menyebabkan sulit untuk mencari pekerja.

Keterlambatan ini bisa menjadikan jadwal kerja yang telah disusun bisa berantakan dan mengalami kemunduran. sehingga tenggat waktu atau target penyelesaian kerja bisa tidak sesuai dengan perencanaan semula.

Solusi untuk kendala-kendala tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk masalah poin 1-3, perlu ditingkatkan alur kerja tim purchasing dengan didukung kuatnya data base supplier dan sub kontraktor.
  • Untuk poin no.4, perlu adanya inhouse tenaga ahli untuk kerusakan-kerusakan alat kerja yang sifatnya bisa segera diperbaiki dengan adanya tenaga ahli
  • Poin no. 5 menuntut kecermatan perencanaan manajemen proyek terkait kondisi alam dan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Perencanaan berdasarkan hal tersebut akan dapat meminimalisir kendala proyek akibat kondisi alam. Seperti menggunakan material dan sistem yang sesuai.
  • Poin no. 6 dampak nya cukup besar terhadap lingkungan. Bisa jadi proyek terhenti karena adanya complain dari lingkungan sekitar. Masalah ini bisa diatasi dengan cara membuat galian sendiri untuk menimbun sampah atau sisa material yang sudah tidak bisa dipakai lagi. Bisa juga melakukan kerja sama dengan pihak lain yang menyediakan jasa untuk membuang sisa material bangunan tersebut. Hal ini lebih mudah dilakukan bila sampah material itu masih bisa didaur ulang atau dijadikan bahan untuk membuat produk lain
  • Dan solusi lain adalah melakukan jam lembur sehingga target yang sebelumnya tertunda bisa segera diselesaikan sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan

Demikian sharing mengenai kendala yang biasa terjadi di proyek. Silahkan menambahkan atau memberi masukan untuk saling melengkapi pengetahuan.

Facebook Comments

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah pemerhati perkembangan arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman." arsdesain.com. adalah sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain.