Kerja di Rumah

Lima Poin Penting Menciptakan Ruang Kerja di Rumah

Kerja di Rumah – Jika bekerja dari rumah adalah pilihan Anda, maka membuat ruangan khusus untuk dijadikan ruang kerja adalah sebuah keharusan. Pasalnya, ruangan khusus ini dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan Anda yang tentunya membutuhkan konsentrasi layaknya bekerja di kantor. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar Anda mendapatkan ruang kerja di rumah yang baik? Simak tips berikut.

Dirangkum dari laman homedit.com, setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan ruang kerja di rumah.

1. PENCAHAYAAN


Idealnya, ruang kerja akan lebih efektif jika mendapatkan sinar alami dari matahari. Tetapi tidak banyak yang seberuntung itu mendapatkan cahaya alami langsung. Maka, bermainlah dengan lampu. Akan tetapi, banyak sedikitnya cahaya yang menerangi ruang kerja dapat menentukan mood Anda. Jika terlalu banyak, pastinya akan mengganggu konsentrasi, begitupun jika kurang akan membuat Anda mengantuk.

2. PENYIMPANAN


Letakkanlah peralatan-peralatan pada tempatnya. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah menemukan peralatan tersebut saat membutuhkannya, dan pekerjaan pun dapat selesai dengan cepat. Oleh karenanya, sediakan tempat penyimpanan seperti laci maupun lemari yang disesuaikan dengan besarnya ruang kerja Anda.

3. HINDARI MULTIFUNGSI


Ruang kerja tidak akan efektif jika bercampur dengan ruangan lainnya. Pastikan hanya yang berurusan dengan pekerjaan Anda saja yang ada di ruangan ini. Jika tidak, konsentrasi Anda pasti akan terganggu.

4. KENYAMANAN RUANGAN


Mulai dari meja, kursi, sampai suhu ruangan, sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Apakah itu meja besar agar semua kertas-kertas yang Anda butuhkan dapat diletakkan di meja. Apakah itu kursi dengan penyangga tangan yang Anda pilih, semuanya tergantung kenyamanan Anda. Selain itu, mengelompokkan jaringan kabel juga dapat membuat ruangan menjadi lebih nyaman, karena tidak ada kabel yang berserakan.

5. PERSONALISASI RUANGAN


Maksudnya di sini adalah memunculkan karakter Anda sebagai pemilik ruangan. Letakkan benda-benda favorit yang tidak terlalu memakan tempat, seperti foto-foto anggota keluarga yang tentunya dapat memberi tambahan semangat pada Anda ketika sedang bekerja.

Dengan mempertimbangkan kelima hal tersebut, mari berekspresi di ruang kerja Anda di rumah!

Im Suryani
Penulis adalah reporter Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: imsuryani@rumah.com atau melalui Twitter: @ngingims

Facebook Comments
Info

Author: Info

Artikel dari berbagai sumber, bekerjasama dengan @AntoSeorang, @ngingims (rumah.com) dan Indo ArchitectsPlus.
Mari berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan melakukan Register di arsdesain.com