Kompor gas

Tips Membersihkan Kompor Gas

Artikel Arsitektur – Kompor gas adalah peranti wajib yang digunakan sehari-hari. Namun lantaran intensitas pemakaian yang tinggi, kompor gas mudah sekali kotor.

Bahan dan alat yang diperlukan adalah:

  • baskom atau wadah besar,
  • sabun pencuci piring,
  • kain lap,
  • sikat gigi,
  • handuk bersih, dan
  • jarum jahit.

Artikel arsitektur_kompor gas

Berikut ini langkah-langkah membersihkan kompor gas:

1. Matikan kompor dan cabut regulator dari tabung gas. Biarkan semua bagian pembakar menjadi dingin agar Anda terhindar dari luka bakar.

2. Siapkan wadah atau baskom berukuran cukup besar dan isi dengan air panas. Tambahkan sabun cuci piring secukupnya dan aduk hingga berbusa.

3. Copot tungku pembakar dan dudukan tungku kompor gas Anda, kemudian masukkan ke dalam campuran air dan sabun. Rendam selama beberapa menit sampai kotoran mudah diseka. Gunakan kain pembersih atau sikat gigi untuk membersihkan.

4. Gunakan jarum jahit untuk membersihkan lubang-lubang tungku pembakar, tempat api gas dipancarkan.

5. Bilas tungku pembakar dan dudukan tungku dalam air panas untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran.

6. Letakkan tungku pembakar dengan posisi terbalik di atas handuk kering dan bersih hingga benar-benar kering. Untuk dudukan tungku, cukup dilap dengan handuk kering.

7. Agar pengeringan lebih cepat, Anda dapat menempatkan tungku pembakar dalam oven selama 30 menit pada suhu 150 derajat celcius.

8. Setelah kering, Anda dapat memasang tungku dan dudukan pembakar di tempat semula, dan menggunakan kompor gas seperti biasa.

Selamat mencoba!

Anto Erawan

Penulis: Anto Erawan

arsdesain.com sharing Artikel Anto Erawan. Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang