Memilih Kontraktor Rumah

Keruntuhan Struktur

Memilih Kontraktor Rumah. Kontraktor rumah memang banyak, namun pertimbangan yang seksama harus dilakukan untuk mendapatkan kontraktor yang berpengalaman, jujur, pekerjaannya rapi dan biayanya hemat. Semakin cepat Anda menunjuk kontraktor, semakin sedikit waktu menunggu untuk dimulainya konstruksi rumah Anda.

Sebelum memilih kontraktor rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Mintalah referensi dari kontraktor, tanyakan pengalaman dan rekam jejaknya dalam membangun rumah. Anda tentu tidak ingin menjadi “kelinci percobaan” untuk kontraktor pemula tanpa pengalaman, bukan?
  • Lihatlah gambar-gambar rumah yang telah dibangun oleh kontraktor tersebut. Anda juga bisa mengunjungi website-nya untuk melihat portofolio pekerjaan yang telah diselesaikan di masa lalu.
  • Bila perlu, kunjungi salah satu rumah yang pernah digarap oleh sang kontraktor. Periksa detil pengerjaannya. Perbedaan kontraktor bagus dan jelek bisa terlihat pada pekerjaan-pekerjaan detil. Tanyakan pada pemilik rumah apakah kontraktor menyelesaikan rumah tepat waktu dan tepat spesifikasi.
  • Pelajari layanannya. Apakah kontraktor mudah dihubungi? Apakah panggilan telepon Anda dijawab segera?
  • Dapatkan usulan RAB dari kontraktor dan diskusikan biaya- biaya yang ada di dalamnya. Lakukan perubahan bila Anda perlu menyesuaikan dengan budget Anda. Dapatkan perkiraan waktu kapan pekerjaan dapat diselesaikan. Anda tentu tidak ingin memilih kontraktor yang bekerja lambat atau harus menunggu pekerjaan karena sibuk dengan proyek lain. Tuliskan setiap pertanyaan Anda dan jawaban dari kontraktor untuk referensi di masa mendatang
  • Tanyakan dan pelajari apakah para pekerja lapangan dari kontraktor tersebut berpengalaman? Bagaimana dia memantau dan mensupervisi pekerja lapangan?  Anda tentu tidak ingin memercayakan pembangunan rumah dengan kontraktor yang tidak punya manajemen operasional proyek yang bagus sehingga tidak cakap mengelola pekerja-pekerja lapangannya.
Haries

Penulis: Haries

Penulis di arsdesain.com, referensi bersama seputar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."