Menara Saidah

Reputasi Horor Menara Saidah

Ada yang belum pernah ke menara Saidah?

Menara Saidah berlokasi di Jl. MT. Haryono, Jakarta Timur.

Saya bukan bermaksud membuat artikel bertema horor dengan mengulas Menara Saidah.

menarasaidah_06

Di balik kemegahan dan kegagahan gedung perkantoran Menara Saidah, tersimpan segudang cerita mistis.

Setelah gedung ini tidak terawat dan tanpa penerangan selama lima tahun, banyak cerita menyebut gedung dengan 28 lantai itu dihuni makhluk halus di setiap lantainya.

Menara Saidah_02

Diberitakan sejak tahun 2009, satu per satu para penyewa/penghuni (tenant) pindah ke gedung perkantoran lainnya.

Berita mistis tentang Menara Saidah tak luput dari insan film Indonesia. Karena ‘daya pikatnya’ yang begitu kuat, pernah ada salah satu rumah produksi film layar lebar berniat menjadikan Menara Saidah sebagai lokasi syuting film horor.
menarasaidah_01
Namun belum dimulai syuting, rumah produksi tersebut  membatalkan niatnya. 

“Kata paranormalnya, jangan syuting di sini, terlalu banyak penghuninya,” kata seorang penjaga gedung yang tidak mau disebutkan namanya.

Padahal pada masa kejayaannya, gedung 28 lantai tersebut sangat ramai, sebanyak 34 tenant menyewa ruang kantor di gedung yang berdekatan dengan Stasiun Kereta Cawang tersebut.

Menara Saidah_07

Tersiar kabar gedung 28 lantai ini tak lagi berdiri tegap. Gedung ini terlihat miring.

Tentang miringnya Menara Saidah, ada yang berpendapat dikarenakan Management Gedung memaksakan penambahan jumlah lantai gedung.

Menara Saidah dikelola oleh beberapa perusahaan berbeda namun masih di dalam satu wadah bisnis Merial Group diantaranya PT Merial Esa, PT Merial Medika, dan Dewa.com. Banyaknya pihak yang ikut mengelola gedung juga ikut mengelola, membuat harga sewa menjadi tinggi.

Kabarnya, bangunan megah ini akan mulai dibenahi oleh sang pemilik ( PT Gamlindi Nusa).Pembenahan dan renovasi akan dilakukan mulai dari lantai dasar gedung hingga lantai 28 dan akan difungsikan kembali menjadi gedung perkantoran.

Ada seorang teman berkelakar: “Dengan reputasi ‘Horor’ yang sudah dimiliki Menara Saidah, ada alternatif pengalihan fungsi menjadi ‘Hotel Wisata Horor’. Mungkin akan menjadi aset wisata yang akan digemari turis mancanegara.”  😀

 

 

Facebook Comments
Haries

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah founder situs arsdesain.com. Sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman."

Leave a Reply

Your email address will not be published.