Menyewa Rumah

Ketahui Tiga Hal Ini Jika Ingin Menyewa Rumah

Artikel Arsitektur – Menyewa rumah atau apartemen menjadi hal yang umum, terutama di kota-kota besar. Bahkan, penyewaan properti hunian sudah menjadi tren investasi bagi mereka yang memiliki kelebihan uang.

“Bagi Anda yang ingin menyewa rumah, ada baiknya Anda mengetahui tiga hal yang kerap dilakukan pemilik rumah.”

Tujuannya, agar Anda bisa menyesuaikan dengan anggaran dan mendapat fasilitas lebih.

Bulanan atau Tahunan?

Perlu diingat, para pemilik rumah menyewakan properti mereka untuk mendapatkan keuntungan. Sebagian besar memilih menerapkan sewa per bulan, tetapi ada pula yang meminta sewa per tahun—dengan dibayar di muka.

Sebagai penyewa, Anda sebaiknya menghitung keuangan dengan cermat. Dengan menyewa per tahun, mungkin Anda akan terhindar dari kenaikan sewa, tetapi keuangan Anda mungkin akan menipis—sementara Anda memerlukan uang untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

Kenaikan Harga Sewa

Di kawasan strategis, seperti dekat dengan perkantoran dan pusat perbelanjaan, biasanya rumah atau apartemen sewa laris manis. Di kawasan inilah para pemilik rumah/apartemen cenderung terus menaikkan harga sewa—bahkan di atas standar rental yield—karena mereka bisa melakukannya.

Untuk itu, Anda sebagai calon penyewa sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan properti yang akan disewa.

Prediksi pula kondisi ekonomi atau regulasi pemerintah yang dapat menyebabkan harga sewa naik.

Bonus dan Fasilitas

Dahulu, kita bisa dengan mudah mendapat bonus, misalnya sewa satu bulan gratis dalam periode sewa satu tahun.

Saat ini, hal tersebut sudah jarang ditemui—terutama di kawasan yang strategis dan ramai penyewa.

Agar Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan fasilitas dan kemudahan dari pemilik properti, Anda dapat menunjukkan kepadanya bahwa Anda miliki kondisi keuangan yang baik, penghasilan tetap, dantrack record sebagai penyewa yang membayar sewa tepat waktu.

Bagaimanapun, penyewa yang baik saat ini sulit didapat.

Anto Erawan

Penulis: Anto Erawan

arsdesain.com sharing Artikel Anto Erawan. Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang