Mezzanine

Merancang Mezzanine: Ruang Ekstra Multi-Fungsi

Artikel Arsitektur – Mezzanine atau entresol adalah lantai yang berada di antara lantai dasar dan langit-langit. Nama mezzanine sendiri diambil dari bahasa Italia ‘mezzano’ yang berarti ‘tengah’.

“Umumnya, mezzanine tidak dibangun dengan struktur permanen, namun keberadaannya bisa menambah fungsi ruang dan mempercantik rumah.”

artikel arsitektr_mezzanine 01

Jika Anda ingin membuat mezzanine di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Luas Ruangan

Bentuk dan ukuran mezzanine tergantung luas ruangan. Jika ruangan kecil, jangan paksakan membuat mezzanine besar. Hal itu akan membuat ruangan tampak pendek dan sesak.

Fungsi

Sebelum membangun mezzanine, tentukan dulu fungsinya. Pastikan luas ruangannya cukup besar untuk fungsi yang Anda inginkan. Jika terlalu kecil, jangan dipaksakan. Sebaiknya Anda memikirkan fungsi lain. Mezzanine kecil dapat digunakan sebagai perpustakaan atau ruang kerja mungil.

Material

Jangan hanya memerhatikan segi estetika, perhatikan juga sisi kekuatan konstruksi. Mezzanine umumnya dibuat dari bahan kayu, baja ringan, beton ringan, atau jika ingin membuat kesan terbuka dan terang, Anda dapat menggunakan unsur kaca.

Jangan Terlalu Tinggi

Mezzanine yang tinggi memaksa Anda harus memiliki langit-langit yang tinggi pula. Jika tidak mezzanine jadi tidak nyaman karena gerah. Mezzanine yang terlalu tinggi juga lebih rawan—jika Anda terjatuh. Untuk itu, jangan membuat mezzanine lebih tinggi dari 2,7 meter – 3 meter.

Ruang Bawah

Ruang di atas dan bawah mezzanine harus nyaman untuk beraktivitas. Ruang bagian bawah mezzanine dapat difungsikan sebagai ruang makan atau ruang kerja. Akan tetapi jika tingginya tak memungkinkan, ruang bawah mezzanine dapat dibuat tempat menyimpan barang.

Tangga

Tangga yang mengakses mezzanine harus simple, tak memakan tempat, tetapi tetap aman. Sebagian orang memilih tangga spiral, karena dinilai lebih hemat ruang.

Suhu dan Sirkulasi Udara

Saat udara panas, suhu di mezzanine kerap menjadi panas. Untuk itu, ada baiknya Anda memasang insulator atau membuat mezzanine terbuka yang mengizinkan sirkulasi udara berjalan baik.

Pencahayaan

Gunakan pencahayaan yang tepat untuk fungsi mezzanine. Jika perlu, buat lampu yang dapat dikontrol dari ruangan bawah, sehingga Anda tak perlu repot naik ke mezzanine untuk menyalakan-mematikannya.

Furniture

Furnitur harus sesuai dengan fungsi mezzanine. Pilihlah furnitur yang ringan, sehingga mudah dipindahkan dan tak membebani struktur konstruksi mezzanine.

Selamat mencoba!

activate javascript

Anto Erawan

Penulis: Anto Erawan

arsdesain.com sharing Artikel Anto Erawan. Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang