Perjalanan Panjang Arsitektur Traditional Kebanggaan Indonesia

Sebagai bahan pembelajaran dan penyadaran bersama

Artikel arsitektur – pada kesempatan weekend minggu pertama di bulan Agustus 2017 ini,  arsdesain mencoba sharing tentang arsitektur tradisional.

Bagi yang belum tertarik dengan ulasan arsitektur, mungkin beberapa topik dibawah ini bisa menginspirasi Anda, silahkan klik link berikut:

‘Cara Bego’ Usaha Furniture, mengulas step by step untuk memulainya.

Fahami Hal Mendasar Ini Jika Mau Banyak Pelanggan Setia.

Ide-ide desain rumah minimalis

Ide-ide desain furniture

Kumpulan foto-foto Arsitektur peninggalan masa kolonial di Indonesia

Dan masih banyak lagi …

Kembali ke pembahasan arsitektur tradisional, Indonesia dengan keberagaman budayanya, adalah kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.

Setiap suku di Indonesia memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri pada aspek sosial dan budaya.

Tak terkecuali pada aspek keberagaman arsitektur tradisional yang secara keilmuan, pembuatannya diwariskan secara turun temurun.

Bangunan dan lingkungan binaan arsitektur tradisional yang kita lihat sekarang ini, berkembang melalui proses yang panjang.

Pada mulanya bangunan tradisional berfungsi sebagai suatu tempat berlindung manusia dari gangguan binatang buas dan kondisi alam seperti panas, dingin, hujan dan angin.

Perkembangan selanjutnya dipengaruhi dengan variasi kebutuhan cara hidup seperti bercocok tanam, berburu, berdagang serta tumbuhnya beragam ritual kepercayaan disetiap aktifitas kehidupan.

Sejalan dengan perkembangan kebudayaan, arsitektur traditional juga terus mengalami perubahan, mulai taraf yang sederhana ke taraf yang lebih kompleks.

Ornamen, simbol, aturan, filosofi bentuk, filosofi ruang dalam dan ruang luar, kepercayaan, mana yang boleh, pantangan atau larangan untuk setiap elemen-elemen arsitektur menjadi jati diri, karakter yang kuat pada arsitektur tradisional disetiap suku di Indonesia.

Bahkan ada ritual khusus yang dilakukan pada setiap tahap proses pembangunan.

Untuk lebih membuka wawasan mengenai keselarasan proses pembangunan arsitektur traditional dengan alam, silahkan simak artikel berikut ini (klik):

PANGGITA UMA

Bahkan dalam perkembangan masa penjajahan, ada ritual  tahapan pembangunan yang sampai kini masih dapat kita temui, seperti yang dijelaskan di artikel berikut ini:

Ritual khusus hanya di Indonesia

Pada akhirnya, kekayaan akan keberagaman arsitektur tradisional di Indonesia menjadi modal, nilai tambah yang bernilai tinggi dan harus dikuasai para Arsitek Indonesia.

Apalagi dalam konteks akan ‘banjirnya’ arsitek asing berkarier di tanah air tercinta ini.

Seperti halnya budaya Indonesia semisal gamelan, pencak silat yang mulai banyak bermunculan para ahli dari negara lain, begitu juga dengan keilmuan dan keahlian arsitektur tradisional Indonesia.

Pengembangan bahasan tentang arsitektur tradisional akan tidak ada habisnya.

Bisa dilihat dari kacamata bisnis, hukum, pendidikan, profesi dan juga dari berbagai peluang lainnya.

Pastinya, jika Arsitek yang berkarier di Indonesia, selain menguasai keilmuan Arsitektur modern, akan mempunyai nilai lebih dengan menguasai keilmuan Arsitektur tradisional Indonesia.

Dengan semangat kemerdekaan 17 Agustus 1945, Jayalah Indonesiaku!
Merdeka!

Facebook Comments
Haries

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah founder situs arsdesain.com. Sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman."