Perkantoran Sewa

Perkantoran Sewa di Jakarta Nomor Satu di Asia-Pasifik!

Kota-kota di negara berkembang Asia-Pasifik terus mendominasi pertumbuhan harga sewa perkantoran. Jakarta tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi dibandingkan 33 kota lain, diikuti Manila (Filipina), Shenzhen (China), dan Pune (India). Demikian hasil survei yang dilakukan konsultan properti Cushman & Wakefield selama kuartal I lalu.

Jakarta mengalami pertumbuhan harga sewa ruang kantor sebesar 27%. Hal ini disebabkan ekspansi perusahaan-perusahaan yang membuat tingkat kekosongan ruang kantor mengecil menjadi 6,6%.

Dengan tidak adanya pasokan tambahan di kuartal I, ditambah dengan beberapa gedung lama yang sedang melakukan pembangunan kembali, tingkat hunian perkantoran di Jakarta mengalami tekanan ke tingkat yang lebih tinggi.

sewa kantor jakarta

“Permintaan akan ruang sewa dan aktivitas transaksi sebagian besar terjadi untuk luas ruang di bawah 300 meter persegi, karena terbatasnya persediaan,” jelas Arief Rahardjo, Senior Associate Director Research & Advisory Cushman & Wakefield, Indonesia.

Dia menuturkan, kendati pemilihan presiden telah menimbulkan sikap “wait and see” di pasar, permintaan akan mengalamai pertumbuhan positif, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang juga diperkirakan positif di tahun 2014 ini.

“Iklim bisnis secara keseluruhan akan bertambah baik, khususnya setelah pemilihan presiden berlangsung,” imbuh Arief.

Di sisi lain, aktivitas pasar sewa di kota-kota utama Asia seperti Singapura dan Tokyo terlihat cukup menonjol, disebabkan sentimen bisnis yang membaik.

Jika pertumbuhan harga sewa di kota-kota berkembang disebabkan ekonomi domestik yang kuat, maka pertumbuhan harga sewa di kota-kota utama disebabkan pasokan ruang perkantoran yang terbatas.

Sigrid Zialcita, Managing Director Research Cushman Wakefield Asia Pasifik mengatakan, secara keseluruhan harga sewa di Asia Pasifik meningkat dalam tahun terakhir, dimana selama kuartal pertama lalu hanya naik 2,8%.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Info

Penulis: Info

Menampilkan artikel yang masuk dari para pengguna arsdesain.com berupa : Info lowongan kerja, event, produk bahan bangunan dan lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.