Rumah dan Mobil dalam 5 Tahun

Rumah dan Mobil dalam 5 Tahun
Rumah dan Mobil dalam 5 Tahun

 

 

 

 

 

 

 

 

Beli Rumah dan Mobil dalam 5 Tahun, Begini Caranya!

 

Memiliki hunian dan kendaraan pribadi memang menjadi impian setiap manusia. Tapi jalan menuju ke sana tak semudah yang dibayangkan. Selain bekerja keras, kita juga harus memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Miliarder Hong Kong Li Ka-Shing memiliki kiat investasi agar dapat memiliki rumah dan mobil dalam lima tahun. “Tak peduli seberapa penghasilan yang Anda dapat, selalu ingat untuk membagi uang Anda dalam lima bagian secara proporsional. Selalu buat diri Anda bermanfaat,” kata entrepreneur dengan total kekayaan mencapai USD31 miliar ini.

Kelima bagian tersebut adalah: biaya hidup (30%), biaya berteman/bergaul (20%), belajar/pendidikan (15%), berlibur ke mancanegara (10%), dan investasi (25%).

Bila diasumsikan pendapatan bulanan Anda RMB2.000 atau sekitar Rp4 juta, maka biaya hidup yang harus dikeluarkan adalah Rp1,2 juta; untuk bergaul Rp800 ribu; untuk belajar/pendidikan Rp600 ribu; untuk berlibur Rp400 ribu; dan untuk berinvestasi Rp1 juta.

Biaya Hidup
Menurut Li, Anda harus menjalani hidup sederhana. Dengan biaya hidup Rp1,2 per bulan, artinya Anda harus cukup dengan Rp40 ribu per hari. Berhematlah dalam mengonsumsi makanan.

Biaya Bergaul
Untuk mencari teman, perluaslah lingkaran interpersonal Anda. Anggarkan biaya telepon sekitar Rp200 ribu per bulan.

Jangan hanya minta ditraktir, Anda juga harus mentraktir teman-teman Anda setidaknya dua kali dalam sebulan. Traktirlah orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih dari Anda, lebih kaya, atau orang yang membantu karir Anda.

Setelah satu tahun, lingkaran pertemanan Anda pasti membesar. Selain itu, reputasi, pengaruh, nilai tambah Anda akan diakui orang, di samping meningkatkan citra Anda sebagai orang baik dan murah hati.

Dana untuk Belajar
Sisihkan dana sekitar Rp100 ribu – Rp200 ribu untuk membeli buku. Karena Anda tidak memiliki banyak uang, Anda mementingkan ilmu dan terus belajar. Pelajari ilmu yang terkandung dalam buku-buku yang Anda beli.

Sediakan pula sejumlah uang untuk mengikuti pelatihan dan kursus. Bila pendapatan Anda meningkat, ikuti kursus yang lebih advance. Bukan hanya ilmu yang Anda dapat, Anda juga bisa bertemu dengan orang-orang yang sehati atau sejalan dengan Anda.

Dana Berlibur
Gunakan sebagian uang untuk berlibur di luar negeri setidaknya sekali dalam setahun. Hal ini dapat memperkaya pengalaman Anda. Gunakan paket perjalanan hemat dan tinggal di penginapan yang murah untuk meminimalkan biaya.

Dalam beberapa tahun, Anda sudah memiliki pengalaman bertandang ke banyak negara dan memiliki pengalaman yang beragam. Gunakan pengalaman itu untuk me-recharge diri Anda, sehingga terus memiliki gairah bekerja.

Dana Investasi
Simpan uang Anda di bank Anda dan jadikan modal awal usaha Anda. Modal kemudian dapat digunakan untuk melakukan usaha kecil.

Usaha kecil itu aman. Anda dapat pergi ke grosir dan mencari produk untuk dijual. Bahkan, jika Anda merugi, Anda tidak akan kehilangan terlalu banyak uang. Sebaliknya, jika Anda mulai menghasilkan uang, hal itu akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan memiliki pengalaman belajar untuk menjalankan usaha kecil.

Jika Anda terus menghasilkan laba, Anda dapat memulai investasi jangka panjang dan mendapatkan keamanan jangka panjang pada kekayaan finansial Anda dan keluarga. Sehingga apa pun yang terjadi, akan selalu ada dana yang memadai dan kualitas hidup tidak akan menurun.

Seiring dengan meningkatnya penghasilan, maka biaya untuk kelima bagian tersebut juga akan membesar. Selanjutnya, Anda akan memeroleh kebebasan finansial.

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: Anto Erawan
Sumber: e27.co/CEO Connectz

Facebook Comments
Info

Author: Info

Artikel dari berbagai sumber, bekerjasama dengan @AntoSeorang, @ngingims (rumah.com) dan Indo ArchitectsPlus. Mari berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan melakukan Register di arsdesain.com

4 thoughts on “Rumah dan Mobil dalam 5 Tahun”

  1. Iya bu Risa, saya antusias action nih…
    Apakabar? Bisnis Fashion nya smg makin sukses ya
    😀
    Seperti yg dikatakan Miliarder Hong Kong Li Ka-Shing:
    “Tak peduli seberapa penghasilan yang Anda dapat, selalu ingat untuk membagi uang Anda dalam lima bagian secara proporsional. Selalu buat diri Anda bermanfaat,”
    Tips beliau pada intinya akan meningkatkan kualitas diri, ‘gaul’ (Networking), wawasan yg menjadi modal kesuksesan menjalankan usaha atau pun kerja.

  2. Kaya’nya sih yg sering lewat, investasi dana belajar tuh

  3. Barusan kunjungan ke Rumahumtaz, boleh nih kerjasama dg Tokomeyou

Comments are closed.