Sonja Heikkilä, Solusi Transportasi

Masalah Transportasi, Gadis Ini Punya Solusinya

 

Negara-negara di Eropa terkenal telah memiliki sistem transportasi yang lebih mapan ketimbang negara-negara lain di dunia. Yang terbaru, seorang insinyur muda, Sonja Heikkilä, menciptakan sebuah sistem transportasi terpadu yang terhubung dengan telepon genggam, masyarakat lebih mudah menggunakan transportasi publik.

Saat ini, Helsinki memang sudah menggunakan sistem panggil bus dengan menggunakan aplikasi di telepon genggam. Ide Sonja adalah menambah transportasi sepeda umum dan sharing penggunaan mobil pribadi dalam aplikasi tersebut. Nantinya, individu dapat bebas memilih penggunaan transportasi apa yang lebih cepat dan murah untuk mencapai tempat yang dituju.

“Ide saya ini nantinya dapat dengan mudah diadaptasi oleh negara atau kota yang sudah memiliki sistem transortasi yang mapan,” kata Sonja seperti dikutip dari laman businessinsider.com.

Latar belakang munculnya ide ini menurut Sonja adalah pertumbuhan jumlah populasi di Helsinki yang cukup signifikan. Lembaga sensus setempat memprediksi, dalam 35 tahun ke depan, populasi manusia di Helsinki akan meningkat hingga 40%.

Dampak pertumbuhan tersebut adalah meningkatnya angka kebutuhan kepemilikan mobil. Ironisnya mobil-mobil itu sebagian besar atau 95%-nya hanya akan teronggok di garasi rumah atau kantor, karena ditinggal sang empunya bekerja.

Jadi, apakah Jakarta sudah dapat mengadaptasi sistem yang ditemukan Sonja?

Im Suryani
Penulis adalah reporter Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: imsuryani@rumah.com atau melalui Twitter: @ngingims

Facebook Comments
Info

Author: Info

Artikel dari berbagai sumber, bekerjasama dengan @AntoSeorang, @ngingims (rumah.com) dan Indo ArchitectsPlus. Mari berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan melakukan Register di arsdesain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.