Stadion BMW

Stadion BMW, akan segera dibangun

stadion-bmw-konsep

Salam Sepakbola! 😀

Tak terasa Piala Dunia 2014 sebentar lagi tiba!

Ada yang bilang, ‘anak Arsitek’ rata-rata suka sepakbola. Buktinya sampai didunia kerja, masih banyak yang hobi bermain Futsal dan tanding PES disaat-saat luang.

Pastinya kita sangat terkesan dengan Stadion-stadion Sepakbola yang ada di game PES maupun di tayangan Televisi. Mungkin sebagian dari kita sempat mengunjungi Stadion bertaraf Internasional di Indonesia maupun di Mancanegara, pastinya sudah merasakan atmosfer Sepakbola yang begitu ‘wah’ nya. 

Di Indonesia, kita mempunyai beberapa stadion megah, yang masuk kategori A dari FIFA, diantaranya:

  • Senayan, Jakarta
  • Jakabaring, Palembang
  • Palaran, Samarinda
  • Gelora Bung Tomo, Surabaya
  • National, Riau
  • Dompak, Riau
  • Gede Bage, Bandung
  • Perjiwa, Kutai Kartanegara

Tidak lama lagi, Indonesia akan mempunyai Stadion Megah, yaitu Stadion BMW. Menarik untuk disimak proses pembangunan dan nantinya akan seperti apa dampak pengelolaan dan fasilitas yang disediakan komplek olahraga ini untuk Fasilitas Kota.

Stadion Internasional BMW ini akan dibangun di area lahan seluas 26,5 hektar di wilayah Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Rencana Pemprov DKI Jakarta untuk membangun Stadion ini akhirnya semakin menunjukan titik terang. Pasalnya, gapura sementara dengan kontruksi baja akan dipampang dengan tujuan pemberitahuan kepada masyarakat umum bahwa di lokasi tersebut akan di bangun stadion BMW.

Tersendatnya pembangunan Stadion ini disinyalir karena adanya sebagian lahan yang di klaim sekelompok masyarakat.

Junaedi, Sekretaris Kota Jakarta Utara, menjelaskan:

“Saat ini Dinas Olahraga yang memasang gapura tepat di pintu masuk taman BMW. Tujuannya untuk pemberitahuan sekaligus mohon doa restu kepada masyarakat luas bahwa pembangunan stadion BMW akan dilaksanakan.”

Ia berharap pembangunan stadion dapat terlaksana dan tidak ada hambatan. “Saat ini kami terus memantau dan menertibkan bangunan di sisi taman BMW untuk memudahkan pemasangan reklame. Mudah-mudahan hari ini dapat diselesaikan. Sedangkan, mengenai lahan yang di klaim sekelompok masyarakat itu sudah ada jalurnya,” kata Sekko.

Bicara tentang Game Sepakbola, pernah merasakan game Top Eleven di Facebook via ios/android? Ada fasilitas menarik di game tersebut, yaitu komplek olahraga terpadu. Dari game Top Eleven, kita bisa melihat bahwa dalam lingkungan Stadion, minimal ada beberapa fasilitas pendukung seperti:

  • Area Parkir yang sesuai dengan jumlah pengunjung
  • Club Store,  atau pusat perbelanjaan Souvenir & Merchandise Klub
  • Infirmary, lengkap dengan Unit Ambulance beserta Poliklinik
  • Tempat pelatihan Sepakbola Senior
  • Football School, untuk pembinaan pemain usia muda

Dari fasilitas yang ada, bisa dibayangkan manfaat besar yang akan didapat dengan keberadaan sebuah Komplek Stadion di suatu wilayah.

Semoga adanya Stadion BMW akan menambah nilai Kualitas Kota Jakarta, bukannya menjadikan sumber masalah baru mengingat fanatisme pendukung klub Sepakbola yang kadang kala cendrung Anarkis.

Nah, kalau sudah dibangun, Stadion ini akan menjadi Stadion klub apa ya? Mungkinkah untuk Persija Jakarta? Atau Persitara Jakarta Utara? Atau mungkin akan lahir klub professional baru di Indonesian Super League 😀

 

Haries

Penulis: Haries

Penulis di arsdesain.com, referensi bersama seputar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.