Standard Hidup Jakarta

Wow, Standar Hidup di Jakarta Lebih Tinggi Dari New York

Biaya hidup Ibukota Jakarta ternyata bisa lebih tinggi dibanding kota-kota metropolitan lainnya di dunia, sepertiHong Kong, Sydney, London, bahkan New York.
Tingginya standar hidup ini dilihat dari perbandingan tarif menginap satu malam di hotel bintang lima, fasilitas internet broadband, sampai harga satu cangkir kopi di warung kopi kelas menengah.
Lembaga riset independen, Ipsos Business Consulting Indonesia melakukan survei pasar pada akhir Februari 2014 kemarin, dan menemukan fakta menarik tersebut.
“Dari survei tersebut kami menyimpulkan bahwa, secara umum Jakarta tergolong kota dengan standar hidup yang mahal, bahkan cenderung lebih mahal dari Hong Kong, London, dan New York.
Kami bandingkan biaya dengan gaji rata-rata masyarakat di masing-masing kota tersebut,” kata Domy Halim, Country Manager Ipsos Business Consulting Indonesia seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Rumah.com
Tarif menginap satu malam di Hotel Four Season Jakarta tercatat sebesar USD236,58, (Rp2,7 juta)  sedangkan di New York tercatat sebesar USD670.
Yang menarik, menginap semalam di hotel Four Season Jakarta menghabiskan 91,7% gaji rata-rata penduduk Indonesia.
Sementara, untuk menginap di hotel yang sama, masyarakat Amerika Serikat hanya menghabiskan 20,53% dari gaji rata-rata mereka.
Sebagai informasi, gaji rata-rata masyarakat Indonesia tercatat sebesar USD258 (Rp2,9 juta) per bulan, sedangkan gaji rata-rata masyarakat Amerika Serikat tercatat sebesar USD3.263 (Rp37,25 juta) per bulan.
Lain halnya dengan fasilitas internet broadband.
Harga fasilitas ini di Jakarta jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga di kota-kota lain.
Paket internet broadband terbaik di Jakarta memiliki kapasitas kecepatan download 100 Mbps dengan harga USD 252,46 (IDR 2,98 juta) sedangkan di HongKong dengan kemampuan 10 kali lipat lebih cepat (1.000 Mbps), harga nya 3 kali lipat lebih murah, yaitu hanya USD77,06. Padahal gaji rata-rata masyarakat Hong Kong sebesar USD1.545.

Im Suryani
Penulis adalah reporter Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: imsuryani@rumah.com atau melalui Twitter: @ngingims

Info

Penulis: Info

Menampilkan artikel yang masuk dari para pengguna arsdesain.com berupa : Info lowongan kerja, event, produk bahan bangunan dan lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.