Superblok Rusunawa

Konsep superblok untuk rusunawa bagi masyarakat menengah ke bawah.

Artikel Arsitektur – Ahok, Gubernur DKI Jakarta  berniat membuat 12 menara rusunawa terpadu, lengkap dengan pasar rakyat pada 2016. (liputan6.com)

“Apa di atas pasar boleh dibangun hunian? Bilangnya tidak boleh. Saya tidak peduli, kenapa swasta bolehmixed-use, kami tidak boleh?”

Rencananya, Superblok Rusunawa akan dibangun diatas Pasar Rakyat atau Pasar Tradisional.

Artikel Arsitektur_Ahok Rusunawa

“Orang kalau punya rumah dan tempat usaha, maka dia akan kaya. Inilah subsidi pemerintah untuk perekonomian masyarakat, bukan uang, tapi tempat tinggal.” 

Ahok sangat percaya bahwa nantinya konsep ini dapat meningkatkan perekonomian Rakyat. Setidaknya, mereka punya tempat usaha tepat di bawah tempat tinggalnya.

Mungkin yang perlu menjadi catatan saya disini adalah, Pasar Rakyat sudah identik dengan daerah rawan kebakaran. Mungkin akan mempengaruhi calon penghuni secara psikologi. Dan tentunya banyak nilai positif~negatif ataupun pro~kontra untuk kebijakan ini dilihat dari berbagai faktor.

 

 

Haries

Penulis: Haries

Penulis di arsdesain.com, referensi bersama seputar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."