Bata ringan SNI illegal meresahkan

Bata ringan SNI illegal

Bata ringan SNI illegal meresahkan. Peredaran barang ilegal dengan menggunakan label SNI palsu ternyata tidak hanya ditemukan pada barang-barang impor, label SNI palsu juga digunakan oleh produk-produk lokal.

Artikel ini selain menyajikan informasi tentang bata ringan logo SNI ilegal, juga akan memberi panduan bagaimana memilih produk bata ringan yang berkualitas.

Akibat yang ditimbulkan dari beredarnya Bata ringan SNI illegal

Akibat maraknya beredar logo SNI palsu, tentunya masyarakat yang dirugikan dan harus menanggung semua resiko dari buruknya kualitas barang yang tidak sesuai.

Selain konsumen, para produsen juga dirugikan dengan iklim persaingan usaha yang menjadi tidak sehat.

Terlebih lagi para pemilik toko bangunan juga beresiko mendapat ancaman pidana dakibat mengedarkan produk SNI illegal.

Upaya pemerintah menangani maraknya SNI ilegal

Direktur Jenderal Standarisasi Dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan Widodo sebagaimana dilansir dari laman jitunews.com mengatakan, akan mengusut tuntas kasus tersebut. Ia mengingatkan bahwa sanksi administrasi akan diberlakukan dan dilanjutkan dengan ancaman pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


“Ini kalau ditangani Kepolisian bisa ancaman pidana dan masuk penjara. Inilah yang saya minta pengawasan untuk menindaklanjutinya. Sanksi administrasi tidak menghilangkan ancaman pidana, ancamannya itu 5 tahun atau denda Rp 5 miliar,” tuturnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta (07/07, 2015).

Langkah PROBERINDO (Perkumpulan Produsen Beton Ringan Indonesia) terhadap Bata ringan SNI illegal

PROBERINDO yang merupakan asosiasi dari para produsen bata ringan di Indonesia mengeluarkan Surat edaran pemberitahuan terkait Logo SNI Ilegal.

Berikut ini isi surat edaran yang diinformasikan PROBERINDO :

  1. Bahwa seluruh anggota PROBERINDO selalu mengedepankan mutu produk dan menjaga iklim persaingan usaha yang sehat.
  2. Sehubungan dengan adanya informasi mengenai ditemukannya pemasaran bata ringan di toko-toko oleh para produsen yang mencantumkan logo SNI pada produk batu bata ringan, dengan ini kami memberitahukan bahwa pencantuman logo SNI pada produk bata ringan adalah tidak sah dan illegal. Karena hal tersebut belum mendapatkan ijin dari BSN (Badan Standarisasi Nasional) selaku badan pengawas mutu produksi nasional yang berwenang.
  3. Kamimenghimbau kepada para pemilik toko bangunan dan konsumen agar menolak membeli produk dengan logo SNI tersebut agar terhindar dari kesulitan dan kerepotan akibat dilibatkan dalam masalah hukum terkait pelanggaran penggunaan logo SNI atas produk yang belum tersertifikasi SNI secara illegal ini.
  4. Kami berharap agar para pemilik toko dapat membantu PROBERINDO dalam menciptakan dan menjaga iklim persaingan usaha bata ringan yang sehat dengan turut memberikan pengarahan kepada konsumen untuk tidak memilih bata ringan yang berlogo SNI karena pencantuman logo tersebut masih belum tersertifikasi dan pelanggaran tersebut memiliki sanksi pidana sesuai UU. No. 20 Thn. 2014 tentang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian BAB X (Ketentuan Pidana) Psal 62 “ Setiap orang yang memalsukan SNI palsu akan dikenakan tindak pidana penjara selama 7 (tujuh) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 50.000.000.000,- (lima puluh milyar rupiah)”.

Apabila Bapak/Ibu mempunyai pertanyaan, sekiranya dapat menghubungi kontak perwakilan dewan pengurus PROBERINDO  di bawah ini :

  • Stephen Cahyadi (Sekretaris Umum) HP : 0818-862-888
  • Budi Waluyo (Ketua Bidang III) HP : 0811-890-756

Demikian surat edarat kami ini, atas perhatian dan kerjasama yang baik dari Bapak/Ibu, kami sampaikan terima kasih.

BACA JUGA :

Perbaikan Permukaan Beton

Pelapis Kedap Air Berkualitas Pilihan Yang Pas

Bagaimana memilih produk Bata Ringan yang baik

Logo SNI tidak bisa sepenuhnya dipercaya, edukasi terhadap masyarakat masih kurang sehingga banyak yang tak mengetahui ciri-ciri produk bata ringan yang bagus itu seperti apa.

Berikut ini info grafis yang dikeluarkan PROBERINDO tentang bagaimana memilih produ bata ringan :

Demikian informasi mengenai maraknya produk bataringan dengan logo SNI ilegal dan panduan memilih produk bata ringan yang baik. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Haries

Author: Haries

Haries has been in developer and designer for more than 18 years. Apart from web designing, He love all things having to do with writing and reading. Founder arsdesain.com, referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."