Inilah Pemenang Indonesia Smart Nation Award 2018

Sejak pertama kali diselenggarakan di tahun 2015, Indonesia Smart Nation Award 2018 (ISNA) menjadi salah satu event yang diharapkan dapat meningkatkan perhatian masyarakat dalam mengkampanyekan semangat smart nation di seluruh Indonesia.

Sebagai ajang pemberian apresiasi dan penghargaan kepada kepala daerah terbaik dalam pelaksanaan praktik smart city dan smart region yang diinisiasi oleh Citiasia Inc. pada tahun ini akan mengambil tema “Creating Competitive And Sustainable Cities For Tourism, Trade & Investment”.

Disamping pemberian penghargaan, dalam acara tersebut juga menjadi forum diskusi dengan narasumber yang berasal dari para pengambil kebijakan, baik di tingkat nasional dan daerah, dan para pakar dan praktisi industri terkait.

Berangkat dari semangat mengkampanyekan Smart City dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia, khususnya di tingkat kota, kabupaten dan provinsi mulai dari sisi tata kelola, citra daerah, dampak pembangunan ekonomi, kelayakan hidup, masyarakat yang cerdas, hingga pengelolaan aspek lingkungan hidup yang dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia.

Pada tahun ini, Pemberian Penghargaan ISNA dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2018 bertempat di Nusantara Hall, ICE-BSD, Tangerang Selatan dan dilaksanakan di tengah helatan pameran Indobuildtech 2018, yaitu salah satu pameran terbesar di Asia Tenggara di bidang industri konstruksi, arsitektur dan gedung.

ISNA 2018 dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar di bidang smart city di Indonesia.

Para pakar yang tergabung dalam dewan juri ISNA 2018 adalah sebagai berikut :

  • Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo (Rektor Perbanas Institute);
  • Herry Abdul Aziz, M. Eng. (Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Bidang Teknologi);
  • Dr. Ir. Ashwin Sasongko S. M.Sc. (Peneliti Utama LIPI Bidang Informatika);
  • Ridwan Sutriadi, Ph.D (Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota – ITB);
  • Dr. Ir. Cahyana Ahmadjayadi (Chairman Citiasia Inc.);
  • Farid Subkhan, M.E, M.Dev. (CEO Citaisia Inc.);
  • Hari Kusdaryanto, M.Dev. (CSO & VP Citiasia Inc.);
  • Fitrah R. Kautsar, M.E. (COO Citiasia Inc.).

Dalam proses penilaian indeks, ISNA 2018 diukur dengan menggunakan berbagai parameter pengukuran yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak tahun 2014 hingga tahun 2017.

Juga melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah di lebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional yang dimulai dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2017.

Sedangkan proses penjurian dilakukan melalui rapat dewan juri yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2018 di Jakarta.

Dalam sidang dewan juri tersebut, disepakati sebuah transformasi dalam ISNA 2018.

Transformasi tersebut terutama dalam hal kategori penerima penghargaan yang pada tahun sebelumnya diberikan kepada pemerintah daerah tingkat kota, kabupaten dan provinsi yang dibagi ke dalam 3 kategori daerah, yaitu besar, sedang dan kecil berdasarkan populasi penduduk.

Pada tahun 2018, kategori penerima penghargaan diberikan berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart city (smart city readiness).

Sehingga penerima penghargaan ISNA 2018 merupakan daerah-daerah dengan peringkat terbaik pada 7 kategori penghargaan, yaitu :
– Smart Readiness,
– Smart Governance,
– Smart Branding,
– Smart Economy,
– Smart Living,
– Smart Society,
– Smart Environment.
Dimana masing-masing terdiri dari 3 daerah nominasi.

Dalam ajang penganugerahan tersebut, dihadiri pejabat pemerintahan diantaranya :

  • Menteri Perdagangan RI,
  • Menteri Komunikasi dan Informatika RI,
  • Ketua APEKSI dan para undangan lainnya,
  • Menteri Pariwisata RI,

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, menyerahkan penghargaan Indonesia Smart Nation Award 2018 kepada 56 kepala daerah atas pencapaian yang patut diapresiasi. Daerah-daerah tersebut adalah sebagai berikut :

Indonesia Smart Nation Award
Indonesia Smart Nation Award

Facebook Comments

Haries

Author: Haries

Haries has been in developer and designer for more than 18 years. Apart from web designing, He love all things having to do with writing and reading. Founder arsdesain.com, referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."