Kawasan Ekspatriat

9 Kawasan Hunian Favorit Ekspatriat di Jakarta

Ekonomi Indonesia yang mengalami pertumbuhan pesat selama tiga tahun terakhir, menjadi daya tarik bagi perusahaan multinasional untuk masuk atau melakukan ekspansi bisnis.

Hal ini tentu saja mengundang banyak ekspatriat untuk datang dan bekerja ke dalam negeri—yang sudah barang tentu memerlukan tempat tinggal.

Banyak perusahaan multinasional menginginkan properti yang memenuhi persyaratan keamanan tertentu, seperti hunian dalam cluster yang dekat dengan sekolah internasional.

Dengan kriteria semacam ini, maka kawasan Selatan Jakarta banyak menjadi pilihan para eksatriat.

Demikian hasil penelitian Colliers International Indonesia dalam Expatriate Housing Market Report

Di sisi lain, meningkatnya permintaan rumah yang memenuhi kriteria ekspatriat membuat pemilik rumah meminta uang sewa di muka minimal untuk dua atau tiga tahun.

“Bahkan kini sulit untuk menemukan pemilik rumah yang bersedia bernegosiasi sewa rumah satu tahun,” ungkap Ferry Salanto, Head of Research Colliers International Indonesia.

Tidak hanya persyaratan sewa, harga sewa pun telah secara naik secara substansial.

Kenaikan setidaknya 20%, bahkan dalam beberapa kasus mencapai 30% ke atas.

Beberapa penyewa bahkan harus pindah ke rumah yang lebih kecil atau lebih tua. Sebagian pindah ke kawasan lain di luar area elit.

Tanah di Jakarta yang semakin langka, membuat pemilik rumah mengharap keuntungan lebih dari investasi mereka.

Saat ini bahkan sangat sulit menemukan rumah sewa yang kosong lebih dari sebulan, terutama di area yang dekat dengan CBD atau sekolah internasional.

Di kawasan seperti ini, pemilik rumah biasanya mendikte harga sewa.

Secara keseluruhan, Colliers mencatat peningkatan tarif sewa untuk perumahan ekspatriat di kuartal IV-2013 berkisar 20% – 40% dibandingkan semester sebelumnya.

Sementara itu, di lokasi favorit ekspatriat dengan suplai terbatas seperti Permata Hijau, Menteng, dan Kebayoran Baru, pemilik rumah bahkan bisa menaikkan harga sewa antara 55% – 60%.

Dalam hasil risetnya, Colliers menyebut ada sembilan kawasan favorit ekspatriat di Jakarta. Berikut ini daftarnya:

Anto Erawan

Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Menampilkan artikel yang masuk dari para pengguna arsdesain.com berupa : Info lowongan kerja, event, produk bahan bangunan dan lainnya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: