Kebanjiran Mall

Bekasi dan Tangerang Mulai ‘Kebanjiran’ Mal

Malam Minggu yang lalu, kami sekeluarga  jalan-jalan Malam Minggu (Malming) ke Sumarecon Mall Bekasi 😀 Diajak Om Yunan dan Tante Vera sekalian menginap di rumah Nadif.

Kesan pertama memasuki jembatan dan gerbang Sumarecon Bekasi, adalah kawasan yang ditata seirama dengan kawasan Sumarecon lainnya. Atau ada yang spontan bilang: “mirip di Kelapa Gading/Serpong Nih.”

Sumarecon 01

Bagi yang sudah berkunjung kesana, akan terkesan dengan adanya ruang-ruang terbuka sarana duduk-duduk santai dengan kolam-kolam ikan Koi nya yang ‘enak’ untuk tempat bercengkrama dengan teman/keluarga. (Tau aja kebiasaan orang Indonesia yang doyan ‘nongkrong’) Ditambah lagi dengan adanya Live Music.

Sumarecon 04

Namun, dibalik itu semua, masalah kemacetan adalah momok utama bagi yang ingin menikmati santai nya melepas penat dengan refreshing di Mall.

Dikesempatan ini arsdesain.com sharing lagi artikel nya pak Anto Erawan perihal Kebanjiran Mall di wilayah sekitar Jakarta.

Kebijakan moratorium pusat belanja di Jakarta yang diterapkan sejak akhir era Gubernur Fauzi Bowo, membuat pembangunan mal bergeser ke wilayah Bogor Depok Tangerang Bekasi (Bodetabek).

Setelah pada kuartal sebelumnya tak ada mal baru yang dibuka, kuartal III lalu kawasan Bodetabek mendapat suplai baru, yakni Cinere Bellevue Mall seluas 23.491 m². Suplai baru ini membuat total luasan mal di Bodetabek mancapai 3,61 juta m².

“Di akhir tahun ini, satu-satunya mal yang berpotensi untuk dibuka adalah (tahap pertama) Grand Dadap Mall, Tangerang,” jelas Ferry Salanto, Associate Director Research Colliers International Indonesia dalam pemaparan Jakarta Property Market Report beberapa waktu lalu.

Laporan Colliers tersebut juga menyebut AEON Mall menjadwal ulang penyelesaian mal di kawasan BSD City, dari 2014 akhir menjadi di 2015 mendatang. Pengembang dan operator mal asal Jepang ini pun terlihat cukup agresif. Setelah AEON Mall BSD City, Delta Mas Bekasi, dan Jakarta Garden City, AEON tengah berencana membangun sebuah mal lagi di kawasan Sentul, Bogor.

“Developer lokal pun tak mau kalah. Metropolitan Land beberapa waktu lalu juga telah memulai pembangunan Metropolitan Mall Cileungsi, Bogor,” lanjut Ferry.

suplai ritel bodetabek - colliers

Secara umum, tingkat okupansi mal di Bodetabek turun 1,1% dari kuartal sebelumnya menjadi 81,8%. Kendati demikian, mal-mal baru yang beroperasi di 2013 – 2014 memiliki tingkat hunian rata-rata 85%—bahkan beberapa di antaranya masih dalam tahap fitting out dan belum resmi dibuka.

Dalam waktu dekat ini, Tangerang akan mendapat tambahan ruang ritel baru, yakni dari Grand Dadap Mall (20.000 m²) dan AEON Mall BSD City (75.000 m²). Di 2015 mendatang, pasokan baru di Bekasi datang dari AEON Mall Deltamas (90.000 m²) dan Plaza Indonesia Jababeka (20.000 m²).

Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang

Foto: artist impression

Menampilkan artikel yang masuk dari para pengguna arsdesain.com berupa : Info lowongan kerja, event, produk bahan bangunan dan lainnya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: