Semut

Tips terhindar dari gangguan menjengkelkan Semut

Artikel Arsitektur – Di luar rumah, semut merupakan bagian penting lingkungan karena berkontribusi pada keseimbangan ekologis.

Namun saat hidup di dalam rumah, semut menjadi gangguan yang menjengkelkan.

“Kita semua pastinya akan setuju bahwa gangguan Semut dapat membuat hidup tidak nyaman, apalagi ketika mereka mulai menyerang makanan dan hidangan-hidangan yang kita sajikan.”

Oleh sebab itu, kita harus waspada dengan serangan kawanan semut di rumah.

Berikut ini cara untuk mengusir kawanan semut yang tinggal di dalam rumah:

  • Ampas Kopi
    Untuk mencegah kawanan semut masuk ke dalam lemari Anda, letakkan bubuk kopi di dalamnya karena semut tidak begitu suka dengan aromanya.
  • Air Sabun
    Campurkan air panas dan sabun, kemudian semprotkan pada sarang semut. Cara yang murah untuk membunuh semut dan mengusirnya.
  • Bubuk Kayu Manis
    Semut tidak suka dengan kayu manis. Taburkan bubuk kayu manis di sarang semut atau di area yang seringkali dikunjungi semut. Kawanan semut itu akan kabur setelah bertemu dengannya.
  • Air Jeruk Nipis
    Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yang ditangkap semut. Untuk mengusir semut, semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut.
  • Tepung Jagung
    Tepung jagung atau tepung maizena bisa juga untuk mengusir semut. Caranya, cari sarang semut kemudian taburkan tepung jagung di sarang semut tersebut. Tidak lama kemudian semut akan segera meninggalkan sarangnya.
  • Daun Sirih
    Daun sirih bisa digunakan untuk mencuci mata, selain itu daun sirih ternyata juga bisa dipakai sebagai alat pengusir semut alami. Remas-remas daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun. Serangga seperti semut tidak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih.
  • Mint
    Minyak esensial dari peppermint juga bisa difungsikan untuk mengusir semut. Kalau susah untuk menemukan minyak esensial peppermint, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan sabun cair beraroma mint. Campur dengan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut.
  • Kulit Telur Ayam
    Karena tidak bisa dimakan, maka biasanya kulit telur ayam akan langsung dibuang. Namun mulai sekarang jangan buru-buru dibuang, apalagi kalau di rumah banyak semut. Sangrailah kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuk kulit telur tersebut sampai halus. Selanjutnya, taburkan di tempat dimana semut-semut tersebut bersarang.
  • Baking Soda
    Cara yang mudah. Semprotkan air yang telah dicampur dengan baking soda ke sarang semut untuk mengusir mereka.
  • Cuka
    Bagi semut, cuka adalah hal yang dibenci. Menuangkan cuka di atas sarang semut akan membuat semut pergi dari sarangnya dan tidak akan pernah kembali lagi.
  • Boraks

    Boraks merupakan zat kimia pengawet yang bisa digunakan untuk membasmi semut.

    Campur boraks dengan gula dan air. Selanjutnya, semprotkan larutan tersebut di tempat dimana semut terlihat.

  • Parfum

    Celupkan bola kapas dalam parfum yang kuat. Letakkan bola kapas di daerah yang ingin terbebas dari semut.

    Semut tidak bisa mentolerir bau parfum dan akan menjauh.

  • Mentimun

    Salah satu fakta aneh tentang semut adalah ternyata mereka tidak menyukai rasa mentimun! Oleh karena itu, menempatkan potongan mentimun di daerah yang banyak dilalui semut merupakan cara efektif untuk mengusir mereka.

artikel arsitektur_Semut

Dengan bahan-bahan diatas selain aman juga mudah diperoleh dengan harga yang murah lagi dan yang jelas saja lebih mudah dalam mengusir semut.

Jika Anda mempunyai cara lain silahkan berbagi dengan memberikan komentar  artikel ini 😀

Desvi

Penulis: Desvi

Landscape Architect, sempat merasakan berkarir di Perbankan, kemudian menjadi Freelancer. Senang bisa berbagi di arsdesain.com.