Nicola Rizzoli

Nicola Rizzoli Arsitek di World Cup 2014

Ayo siapa yang masih kuat begadang ‘melototin’ siaran langsung World Cup 2014?

Kalau Anda hobby Sepakbola, tidak asing mendengar komentator berkata, ” Mou adalah Arsitek yang genius.” atau, ” Pep Guardiola berhasil mengarsiteki Barca menjadi tim dengan gaya permainan Tiki taka yang briliant.”

Apakah Mourinho ataupunPep Guardiola itu seorang Arsitek? Jawabannya adalah iya dan tidak. Mereka adalah Arsitek tim sepakbola tetapi bukan Arsitek yang mendesign lingkungan arsitektur.

Ya.. Betul sekali. Definisi sebutan Arsitek ternyata menjadi meluas, lintas profesi. Jadi kata Arsitek sering dipakai untuk orang yang menyusun rencana/strategi. Bahkan kadangkala dipakai untuk yang bersifat negatif, seperti “Aksi perampokan tersebut diarsiteki oleh Mr.X.” 

Wah.. ‘mungkin perlu klarifikasi kepada media untuk tidak sembarangan menggunakan kata arsitek. Jangan sampai salah tafsir seorang Arsitek ditangkap karena dikira mengarsiteki sebuah kejahatan.

Tapi di ajang World Cup Brazil 2014 sekarang ini, ada seorang Arsitek asal Italy yang berprofesi juga sebagai wasit.  

FIFA telah menetapkan wasit-wasit yang  memimpin laga Piala Dunia 2014. Menariknya, profesi lain para wasit di Piala Dunia 2014 berbeda-beda. Salah satunya adalah Nicola Rizzoli yang berprofesi juga sebagai Arsitek

Nicola Rizzoli (lahir di Italia5 Oktober 1971; umur 42 tahun) adalah Arsitek berkebangsaan Italy dan juga merupakan seorang wasit.. Ia menjadi wasit di Italia Serie A sejak tahun 2002 dan juga menjadi wasit yang terdaftar di FIFA sejak tahun 2007. Ia menjadi wasit pertama pertandingan kualifikasi Liga Champions UEFA pada bulan Agustus 2007, dan bertanggung jawab atas pertandingan Liga Champions pertamanya untuk stage grup. 

Jadi, kalau ada pertanyaan, sebutkan salah satu Arsitek yang aktif di ajang World Cup Brazil 2014, jawabannya adalah Nicola Rizzoli.

 

Facebook Comments

Haries

Author: Haries

Haries has been in developer and designer for more than 18 years. Apart from web designing, He love all things having to do with writing and reading. Founder arsdesain.com, referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.