Kreasi Mural Kreatif Di Lapangan Basket

Kreasi Mural

Kreasi mural seniman jalanan selain bisa menjadi masalah kota, ternyata bisa juga menjadi solusi masalah perkotaan.

Baru-baru ini diberitakan kasus vandalisme di underpass Mampang, Jakarta.

Harus dibedakan karya seni mural dengan corat-cotet ‘ga jelas’.

vandalisme_mampang

Coretan Bukber.BOEDOET.106. dari cat piloks di dinding underpass Mampang-Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (3/6/2018).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar. (Wikipedia)

Kreasi mural di lapangan Bola Basket

Permainan bola basket yang diperkenalkan oleh Prof. Dr. James A. Naismith ini ternyata banyak sekali peminatnya dipenjuru dunia.

Tidak hanya menjaga stamina tubuh, olahraga ini memberi manfaat lain, salah satunya menambah teman.

Kesempatan kali ini, arsdesain berbagi info tentang apa jadinya bila seniman membuat kreasi mural dilapangan bola basket.

Lapangan bola basket yang menjadi sasaran dalam menuangkan ide karya seninya bahkan bisa bertambah fungsinya sebagai area bermain anak.


“Katrien Vanderlinden transforms belgian basketball court into energetic street mural.”

This design creates extra spaces for children to make up their own games.

BACA JUGA :

‘Cara Bego’ Usaha Furniture, mengulas step by step untuk memulainya.

Fahami Hal Mendasar Ini Jika Mau Banyak Pelanggan Setia.

Ide-ide desain rumah minimalis

Ide-ide desain furniture

Kumpulan foto-foto Arsitektur peninggalan masa kolonial di Indonesia

Dengan menghabiskan 137 liter cat, hasilnya adalah mural di lapangan bola basket yang diharapkan dapat membawa anak-anak bermain dengan semangat baru dan menjadi lebih energik.

Mari sama-sama kita ‘nikmati’ hasil karya Katrien Vanderlinden berikut ini.

 

“within the existing lines of a basketball courtin the city of aalst, belgium, muralist katrien vanderlinden has created a captivating, geometric composition.”

Kreasi Mural 02

This design creates extra spaces for children to make up their own games

‘I had to work within the rectangle of the court, that was the natural canvas and I also wanted to maintain the lines of the basket game,’ describes vanderlinden.

‘I like the fact that you can play the basketball game and that this design creates extra spaces for children to make up their own games.

Kreasi Mural 03

Artikel ini bisa jadi menjadi salah satu sumber ide kreatif Anda yang sedang merencanakan lingkungan binaan semisal taman bermain disebuah kawasan perumahan ataupun perkotaan.

Salam inspiratif!

Sumber: designboom

 

Facebook Comments

Haries

Author: Haries

Haries has been in developer and designer for more than 18 years. Apart from web designing, He love all things having to do with writing and reading. Founder arsdesain.com, referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."