Tips Lokasi Rumah

Tips Lokasi Rumah
Apakah Anda sedang ada rencana membeli rumah?
Bila kita pelajari di berbagai seminar tentang Property, ataupun dari berbagai ahli, maka ada tiga hal utama yang menjadi pertimbangan yaitu:
  1. Lokasi
  2. Lokasi
  3. Lokasi

Jadi Lokasi adalah hal terpenting dalam mencari Rumah tinggal ataupun property lainnya.

Artikel ini semoga dapat menambah referensi untuk mencari lokasi yang tepat, ada beberapa tips untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Kriteria pertimbangan adalah sebagai berikut:

  • Bebas Banjir.¬†Bebas banjir bukan berarti banjir bebas masuk ke wilayah perumahan ūüôā Jika kriteria ini tidak lolos, baiknya langsung cari lokasi lain.
  • Strategis.¬†Lokasi strategis membuat kita leluasa melakukan kegiatan-kegiatan dengan efisien dan ¬†tidak sering kehilangan waktu di perjalanan. Pengertian strategis juga bisa beragam, tergantung kebutuhan dan pola hidup kita.
  • Kondisi Lingkungan. Apakah Udara bersih? Bagaimana dengan Polusi? Kualitas penghijauan? Taman? Lingkungan aman? Bersahabat?
  • Akses Jalan.¬†Jalan utama menjadi titik akses penting menuju ke rumah Anda. Jika kondisinya penuh lubang, atau sulit dijangkau karena terlalu sempit untuk kendaraan, ada baiknya Anda mempertimbangkan lokasi lain untuk tempat tinggal.
  • Pelayanan¬†Air, Listrik, dan Telepon.¬†Layanan-layanan tersebut adalah syarat kelengkapan rumah. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan-layanan tersebut bisa jadi¬†faktor¬†pertimbangan. Contohnya: Anda tentu tidak mau membeli rumah di daerah rawan sulit air bersih.
  • Fasos Fasum.¬†Fasilitas Sosial & Fasilitas umum berkaitan dengan nilai strategis suatu lokasi rumah tinggal. Dekat rumah sakit, apotek, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, kantor pos, atau fasilitas lainnya.

Kriteria tersebut semoga bisa mewakili secara garis besar yang perlu dipertimbangkan. Tentunya masih ada kriteria-kriteria yang lebih spesifik, tergantung pola hidup sebuah keluarga.  

Haries memulai arsdesain untuk berbagi pengetahuan seputar arsitektur & desain. Selamat datang di arsdesain.com

You May Also Like