Panggita Uma

Panggita Uma, sebutan Arsitek di daerah Lido

Siapa yang berprofesi sebagai Arsitek? Coba yang merasa Arsitek kedipkan matanya…. Nah begitu 😀

Sebutan Arsitek bikin anak saya bingung. Dan ini cukup menggelitik. Bagaimana tidak, kemarin saat nonton Piala AFF 2014, komentator di TV bilang, “inilah Alfred Riedl, sang Arsitek Timnas Indonesia.” Kemudian ada juga istilah, “Dia yang mengarsiteki peristiwa itu.”

“Jadi Arsitek itu bisa jadi pelatih Sepakbola dan merencanakan suatu peristiwa seperti kerusuhan, perampokan, pemboman dan lain-lain?”

Tentu jawaban nya adalah: “bisa saja, wong Arsitek itu kan ‘jagonya’ merancang dan merencanakan.” 😀 Tapi konteks nya untuk lingkungan binaan tentunya.

“Is the title of architect is unquestionable? Each nation has its own designation for an Architect. In Indonesia there are dozens designations for Architects.”

Kalau bicara sebutan memang akan menjadi ‘rancu’. Tapi kalau bicara gelar Arsitek secara profesi, saya punya info menarik nih untuk disharing artikel arsdesain.com

Di daerah Lido, pulau Sumbawa, profesi yang mendesain suatu lingkungan binaan disebut PANDITA UMA.

Seorang Pandita Uma bekerjasama dengan Pandita Tana dalam proses pembangunan. Pembagian tugas sebagai berikut:

  • PANDITA TANA
    Menyiapkan dan membuka lahan baru. Ini tugas yang perlu keahlian khusus. Karena dalam membuka lahan baru, baik itu untuk jalan, lahan berkebun ataupun fasilitas umum lainnya, seorang Pandita Tana berkoneksi dengan Panggawan Dao. Nah, rekan-2, Panggawan Dao ini uniknya bukan dari species Manusia, dia dari bangsa Jin. Perlu diketahui, Lido adalah sebuah desa dengan danaunya yang indah, pada masa Kerajaan dahulu, Lido dibawah kerajaan Bima yang Rajanya dijuluki Sangaji (artinya: Cabang Jin). Interaksi bangsa Jin dan Manusia adalah hal lazim di Lido.
  • PANDITA UMA
    Mendesain lingkungan binaan, seperti tata letak perkebunan yang posisinya tidak boleh saling menusuk dan berpotongan.
    Mendesain Rumah tinggal dan bangunan lainnya dengan kaidah-kaidah yang berlaku. Mulai dari kaidah desain tangga, kaidah-2 jendela, pintu dan lainnya.

Itu saja sharing artikel saya Senin pagi ini. Selamat beraktifitas dan salam sukses.

Di daerah Lido, Rumah mempunyai sistem konstruksi rumah panggung. Ini juga unk, saya sempat menyaksikan waktu itu di tahun 1980, acara pindahan rumah. Pindahan Rumah dalam artian bangunan rumah tersebut yang di pindah. Bukan hanya perabotan atau isi rumahnya saja. 🙂

“Mungkin ada rekan-rekan yang mau sharing sebutan seorang Arsitek di daerahnya masing-masing?”

Dan yang perlu digarisbawahi disini adalah, ” Architect adalah istilah/gelar dari luar negeri, Indonesia adalah bangsa besar yang mempunyai istilah untuk profesi Arsitek di setiap budaya-budaya daerah yang dimiliknya.”

Banyak kearifan lokal yang  Panggita Uma (dan ‘arsitek’ tradisional’) miliki perlu digali Arsitek Indonesia dan bahkan Dunia.

Foto: arumbanga.com

🙂

Facebook Comments
Haries

Author: Haries

Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia. Haries adalah founder situs arsdesain.com. Sebuah Situs yang menjadi sumber referensi bersama sepurtar arsitektur dan desain. "Mari register untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman."