Antara London & Jakarta

Antara London & Jakarta, mengenai Perumahan Rakyat, Jakarta akan belajar dari London

Isu mengenai perumahan Rakyat di Kota Jakarta tercinta ini kembali hangat diperbincangkan mulai beberapa bulan terakhir.

Apalagi adanya isu bahwa warga Jakarta dengan penghasilan pas-pasan jangan coba untuk terus nyaman bertempat tinggal di DKI Jakarta.

Hal itu terkait dengan mahalnya pajak PBB Rumah tinggal di Jakarta.

Basuki Tjahaja Purnama, yang saat itu masih menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, memberikan saran untuk warga Jakarta:

“KALAU GARA-GARA PAJAK JADI SUSAH HIDUP, YA MENDING DIJUAL. BELI YANG LEBIH KECIL, TERUS SISANYA DIDEPOSITOKAN. ITU AKU KASIH TAHU CARA CARI DUIT.” 

Baca juga >>> NJOP & PBB Naik, Jual Rumah?

Selepas menerima kunjungan Walikota London, Boris Johnson, Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang akrab disapa Ahok ini yang tak lain adalah Gubernur DKI Jakarta mengatakan:

“Kita mesti belajar dari negara majulah.”

Artikel Arsitektur_Ahok dan Boris

Kunjungan Walikota London Boris Johnson ke Jakarta merupakan bagian dari tur ke tiga kota termasuk Singapura dan Kuala Lumpur.

Walikota London Boris Johnson mengatakan :

“Sangat penting untuk terus menerus menyampaikan status London sebagai sebuah tujuan bisnis, pekerjaan dan inovasi. Kota-kota yang dinamis seperti Jakarta, Singapura dan Kuala Lumpur memberikan infrastruktur yang menarik dan adanya regenerasi dengan cepat dan merupakan mitra yang sempurna bagi London untuk berbagi pengetahuan dan keahlian di berbagai sektor penting. Dengan memperkuat ikatan di Jakarta dan memperluas kesempatan bagi London dan orang-orang dari Indonesia untuk kemungkinan bekerja sama di masa mendatang.”

Menurut Ahok, pemerintah kota London punya pengalaman yang banyak dalam membangun tata ruang kotanya, seperti pembangunan properti bawah tanah, gedung-gedung, transportasi massal, serta pengelolaan air limbah.

London and Jakarta are both the capital city of two among many of the highly populated countries. Despite the similarity, there are still a number of factors that differentiate both countries. Viewed as still ‘developing’, the capital city of Indonesia is considered less advanced both in the aspects of transportation and infrastructure. In an attempt to make a credible improve

Selama kunjungan, Walikota London juga bertemu dengan Presiden Joko Widodo, menjadi tuan rumah dalam pertemuan bisnis, dan akan ikut menikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day.

Artikel Arsitektur_Boris Walikota London

Bagi Anda yang belum menikmati Car Free Day, saya sarankan untuk sempatkan waktu bersama Keluarga. Olah raga pagi sambil melintasi jalan Sudirman~Thamrin yang biasanya disesaki kendaraan bermotor. Merasakan sensasi joging dan bersepeda diantara gedung perkantoran tinggi di Jakarta akan menjadi sesuatu yang baru Anda beserta Keluarga dapati.

Boris Johnson berbagi pengalaman dalam menangani Kota London? dengan Ahok, termasuk  sistem transportasi dan perumahan.

“Banyak masalah yang kami share. Sistem transportasi, masalah rumah murah di sana juga pernah jadi isu besar. Di Jakarta saya rasa juga begitu.”

Menurut Ahok, pemerintah kota London punya pengalaman yang banyak dalam membangun tata ruang kotanya, seperti pembangunan properti bawah tanah, gedung-gedung, transportasi massal, serta pengelolaan air limbah.

“London is highly experienced in its construction of underground properties, including the ‘sky building’, mass transportations and also its waste water management. We also want to be like that.”

Semoga dengan langkah Pemda DKI mencontoh pengalaman yang dimiliki Kota London, akan membawa Kota Jakarta menuju level Kota Dunia yang lebih nyaman, aman, dan tentram bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. 😀

 

Penulis di arsdesain.com, referensi bersama seputar arsitektur dan desain.

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: