Tangga Nyeleneh

Tangga Nyeleneh, tangga dengan fungsi lemari, meja dan display cabinet serta divider

“Designer Just Haasnoot commissioned Dutch design studio Mieke Meijer to create a staircase that combines the functionality of stairs, shelves, a desk and a cupboard – all in one unit. Viewed from above, it looks like a regular set of stairs”.

Kenapa saya beri judul Tangga Nyeleneh? Karena untuk mendesain tangga yang baik, setidaknya ada poin-poin yang harus diperhatikan seperti:

Syarat tangga yang baik

  • Mempunyai struktur yang kuat
  • Lebar minimal tangga menyesuaikan lebar badan maksimal orang yang akan melintasi tangga tersebut, rata-rata orang dewasa di Indonesia mempunyai lebar badan 60 cm jadi untuk rumah tinggal bisa membuat tangga dengan lebar minimal 80 cm, tambahan 20 cm untuk ruang kosong.
  • Lebar anak tangga dibuat sekitar 30 cm, hal ini menyesuikan lebar langkah orang dewasa rata-rata 60 cm.
  • Tinggi anak tangga dibuat maksimal 20 cm agar tidak cepat lelah pada saat naik turun tangga.
  • Pada sisi datar bagian sudut diberi step nossing biasanya  bahan keramik bergaris atau material teksture kasar sehingga tidak menyebabkan terpeleset.
  • Tangga harus selalu dalam keadaan bersih dan terawat sehingga enak ketika melintas.
  • Bentuk tangga dapat dimodifikasi sesuai selera namun tetap mempertimbangkan syarat nyaman.
  • Jika jarak antar lantai terlalu tinggi maka harus mempunyai anak tangga lebar yang berfungsi sebagai tempat istirahat saat berjalan, bagian ini sering disebut sebagai bordes.
  • Railing/handrail diperlukan untuk faktor keamanan dan kenyamanan

Tangga Nyeleneh

Foto desain tangga yang arsdesain tampilkan di artikel ini banyak melanggar poin-poin tersebut, namun kita akan terkesan dengan ide sang perancang.

“You will never be far from your work with this unique desk. It will be very handy if you have a home with more than one story, since it will also give you some stairs while saving space in your home”.

Syarat tangga yang baik dan benar untuk sebuah rumah adalah tangga tidak bertemu langsung dengan pintu rumah maupun pintu ruangan.

Anda dapat menempatkan tangga di bagian samping pintu dan arah naik tangga tersebut tidak membelakangi depan rumah jalan anda.

Tangga Nyeleneh 03

Surprisingly, when viewed from the top floor, the design looks like a regular staircase. It’s only when viewed from the ground level that you can see the brilliance of the design. In fact, you can hardly even see the black iron contrasting with the neutral wood tones while standing above the creation.

Mungkin ada yang berminat mendesain model tangga seperti ini? 😀

Resource: dezeen.com

Haries

Penulis: Haries

Penulis di arsdesain.com, referensi bersama seputar arsitektur dan desain. "Arsitektur adalah keseharian hidup peradaban Manusia."